Makna Pesan Perdamaian Dalam Film (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Pesan Perdamaian Dalam Film di Timur Matahari Karya Ari Sihasale)

Muh, and Maulana Sidiq, Zamzam (2014) Makna Pesan Perdamaian Dalam Film (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Pesan Perdamaian Dalam Film di Timur Matahari Karya Ari Sihasale). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna perdamaian dalam film Di Timur Matahari. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu makna denotatif, makna konotatif, dan mitos/ideologi dalam film Di Timur Matahari. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes untuk mengetahui denotatif, konotatif, dan mitos/ideologi yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa film Di Timur Matahari merupakan film yang mengandung makna pesan perdamaian . Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut: (a). Larangan Agama untuk Meminum Anggur. (b). Negosiasi untuk Mencegah Konflik. (c). Tidak Ada Balas Dendam . (d). Upaya Mencegah Terjadinya Perang. (e). Tuhan Memerintahkan Manusia untuk Menjunjung Tinggi Perdamaian. (f). Usaha Nyata Menentang Peperangan. Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa film Di Timur Matahari mengandung pesan perdamaian yang dilihat dari denotasi seperti salah satu adegan dimana terlihat seorang pendeta sedang memberikan pelayanan kepada masyarakat Tiom, konotasi seperti berupa perdamaian merupakan berkurangnya jenis kekerasan, dimana anggur dapat menimbulkan hawa nafsu dan kemudian memicu terjadinya konflik dan mitos/ideologi seperti ajakan seorang pendeta untuk tidak meminum anggur yang bisa menimbulkan hawa nafsu dan memicu terjadinya konflik. Peneliti memberikan saran kepada para sineas agar dapat membuat sebuah film dengan mengangkat realita yang ada di masyarakat ke dalam sebuah film dengan tampilan yang menarik, dan film tersebut harus mengandung nilai yang dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Semiotik, perdamaian, film
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28376

Actions (login required)

View Item View Item