Pengaruh Penggunaan Peta Gempa 2010 Terhadap Analisis Dinamik Stabilitas Lereng Bendungan Keuliling Aceh

Wardani, Tri (2014) Pengaruh Penggunaan Peta Gempa 2010 Terhadap Analisis Dinamik Stabilitas Lereng Bendungan Keuliling Aceh.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam mendisain konstruksi bendungan perlu diperhatikan kestabilan lereng bendungan terhadap keruntuhan akibat massa tanah. Selain kestabilan lereng, bendungan juga perlu analisis keamanan terhadap gempa karena bendungan merupakan bangunan konstruksi besar yang memiliki faktor resiko tinggi apabila terjadi keruntuhan. Bendungan-bendungan besar di Indonesia yang telah dibangun merupakan bendungan yang didesain menggunakan peta gempa bangunan air 2004, seiring dengan berjalannya waktu peta gempa telah diperbaharui dengan keluarnya peta gempa bangunan gedung 2010. Oleh karena itu, studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh analisis dinamik stabilitas lereng bendungan dengan mempertimbangkan 3 (tiga) kondisi kritis bendungan yaitu selesai masa konstruksi (end of construction), kondisi air normal (steady state) dan kondisi air turun tiba-tiba (rapid draw down). Pemodelan tanah dalam analisis ini menggunakan pemodelan tanah Mohr-Coloumb pada program komputer SLOPE/W, pemodelan tanah equivalent-linear pada program komputer QUAKE/W dan pemodelan tanah Elastik plastik pada program komputer SIGMA/W. Hasil akhir yang akan didapat adalah nilai faktor keamanan (SF) dengan menggunakan metode limit equilibrium, maksimum deformasi arah x dan arah y, tekanan air pori dan tegangan effective yang dihasilkan dari perhitungan finite elemen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bendungan rockfill, analisis pseudostatik, peta gempa 2010, input ground motion, analisis dinamik, equivalent-linear, SLOPE/W, QUAKE/W, SIGMA/W, faktor keamanan (FS), tekanan air pori, tegangan effective, deformasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28381

Actions (login required)

View Item View Item