Identifikasi Tingkat Walkability Jalan di Sekitar Stasiun Hall Bandung Berdasarkan Persepsi Pengguna Kereta Api Dengan Tujuan Bekerja

Melinda Wijayanti, Goldie (2014) Identifikasi Tingkat Walkability Jalan di Sekitar Stasiun Hall Bandung Berdasarkan Persepsi Pengguna Kereta Api Dengan Tujuan Bekerja.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya lingkungan yang walkable untuk menukung angkutan umum, termasuk angkutan umum massal seperti Kereta Api, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat walkability. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat walkability jalan di sekitar Stasiun Hall. Dasar penilaian walkability pada penelitian ini yaitu menggunakan Global Walkability Index. Pada jalur pejalan kaki di sekitar Stasiun Hall tidak memiliki fasilitas utama dan fasilitas pendukung yang lengkap, seperti tidak tersedianya fasilitas tempat sampah, tempat duduk, peneduh dan pagar pembatas di beberapa jalur pejalan kaki, serta sistem drainase yang kurang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis crosstabulation. Karakeristik yang digunakan adalah karakteristik sosial, ekonomi responden dan karakteristik perjalanan, karakteristik responden terdiri dari: jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, penghasilan, untuk karakteristik perjalan yaitu: intensitas perjalanan, moda yang digunakan dari Stasiun Hall menuju ke tempat bekerja dan jarak yang ditempuh dari Stasiun Hall ke tempat bekerja. Persepsi mengenai walkability dilihat dari 4 (empat) variabel, yaitu: variabel keamanan (ketersediaan fasilitas penyebrangan (zebra cross, jembatan penyebrangan, terowongan, dan lain-lain), pejalan kaki dapat menyebrang dengan aman, perilaku pengendara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki, ketersediaan infrastruktur bagi penyandang cacat); variabel keselamatan (konflik jalur pejalan kaki dengan moda transportasi lain (motor dan mobil), perilaku pengendara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki); variabel kenyamanan (hambatan saat berjalan di jalur pedestrian (contohnya pohon, tanaman, dan aktivitas lain seperti pedagang kaki lima, dan sebagainya), keamanan dari tindak kejahatan); variabel keindahan (fasilitas pendukung seperti terdapat jalur hijau (vegetasi, pohon peneduh, dan lain-lain yang dapat meningkatkan estetika jalur pejalan kaki)). Berdasarkan penelitian yang dilakukan mengenai tingkat walkability jalan di sekitar Stasiun Hall dengan persepsi pengguna kereta api yang menggunakan moda berjalan kaki dan tidak berjalan kaki terdapat hubungan yang signifikan antara moda yang digunakan dari Stasiun Hall menuju ke tempat bekerja dengan tingkat walkability yang nilai Tabel Chi-Square adalah < 0,05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pejalan Kaki, Walkability, Crosstabs Analysis, Kereta Api
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28382

Actions (login required)

View Item View Item