Aktivitas Komunikasi Dalam Tradisi Nyawer Pada Proses Pernikahan Adat Sunda di Kota Bandung (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Tradisi Nyawer Pada Proses Pernikahan Adat Sunda di Kota Bandung)

Aulia Pertiwi, Ratu (2014) Aktivitas Komunikasi Dalam Tradisi Nyawer Pada Proses Pernikahan Adat Sunda di Kota Bandung (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Tradisi Nyawer Pada Proses Pernikahan Adat Sunda di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan Bagaimana Aktivitas Komunikasi dalam tradisi Nyawer pada proses pernikahan adat Sunda di kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang aktivitas komunikasi dilihat dari situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindakan komunikatif. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi etnografi komunikasi dan menggunakan teori interaksi simbolik. Subjek penelitian adalah beberapa orang yang ikut serta pada saat upacara pernikahan adat Sunda berlangsung, keseluruhan informan terdiri dari 5 orang. Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan membercheck. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Situasi Komunikatif melibatkan keluarga pengantin, juru sawer, dan tata rias serta tamu undangan ketika upacara adat nyawer berlangsung yang dilakukan diluar gedung. Peristiwa Komunikatif upacara nyawer yaitu sebuah tradisi dalam bentuk perayaan ritual khusus yang berlangsung selama 30 menit dan dilakukan setelah akad nikah selesai, sedangkan Tindakan Komunikatif dalam tradisi nyawer pada proses pernikahan adat Sunda yaitu berbentuk pernyataan berupa petuah dan perilaku nonverbal timbul dari perangkat sawer yang ditaburkan berupa beras,kunyit,uang logam,bunga,permen,sirih. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas komunikasi dalam tradisi nyawer pada proses pernikahan adat Sunda bermula dari kebiasaan nenek moyang mereka yang didalam pelaksanaannya memiliki ciri khas serta makna keharmonisan berkeluarga. Saran dari penelitian ini simbol-simbol yang sudah digunakan menjadi makna tersendiri bagi masyarakat Sunda khususnya di kota Bandung tetap memegang teguh warisan dari leluhur khususnya dalam proses upacara nyawer adat Sunda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, dan Tindakan Komunikatif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28383

Actions (login required)

View Item View Item