Pola Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Dalam Program Pemberdayaan Komunikasi dan Informatika Untuk Masyarakat (Studi Kasus pada humas Pemerintah Daerah Kabupaten Garut mengenai Pemberdayaan komunikasi dan informatika melalui kegiatan Mobi

Ahmad Setiawan, Ganjar (2014) Pola Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Dalam Program Pemberdayaan Komunikasi dan Informatika Untuk Masyarakat (Studi Kasus pada humas Pemerintah Daerah Kabupaten Garut mengenai Pemberdayaan komunikasi dan informatika melalui kegiatan Mobi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Kab.Garut dalam program pemberdayaan komunikasi dan informatika untuk masyarakatnya. Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi dilihat dari jaringan komunikasi, faktor-faktor pendukung, dan hambatan-hambatan komunikasi yang melatari pola komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dokumentasi, dan pencarian data di internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa pola komunikasi dilihat dari jaringan komunikasi berupa bentuk interaksi yang baik, ramah dan sopan dan fungsi serta tujuan yang baik dan membuat masyarakat terhubung satu sama lain. Sedangkan faktor-faktor pendukung berupa fasillitas yang menunjang serta teknologi yang baik serta canggih Dan dilihat dari faktor pengetahuan tentang informasi dijelaskan bahwa humas pemerintah daerah Garut harus memilik pengetahuan tentang informasi yang baik sehingga dalam penyampaiannya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dan yang terakhir adanya hambatan-hambatan komunikasi seperti pemaknaan bahasa yaitu humas dan masyarakat sama-sama menggunakan bahasa Indonesia walaupun sesekali menggunakan bahasa sunda yang baik dan sopan lalu adanya faktor lingkungan, lingkungan yang baik akan menghasilkan sinyal yang baik sehingga mempermudah pelaksanaan program tersebut, begitu juga sebaliknya. Simpulan pola komunikasi humas pemerintah daerah Kab.Garut dalam program pemberdayaan komunikasi dan informatika untuk masyarakatnya berupa memiliki interaksi yang baik, ramah dan sopan, memiliki fungsi serta tujuan yang baik dan membuat masyarakat terhubung satu sama lain, dan memiliki beberapa fasillitas yang baik dan menunjang serta memiliki pengetahuan tentang informasi yang baik dan yang terakhir menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa sunda yang baik serta program ini tergantung oleh keadaan lingkungan. Saran sebaiknya Humas Pemerintah Daerah Kab.Garut mempertahankan interaksi yang baik, mempertahankan bahasa Indonesia dan bahasa sunda yang sopan serta bersahabat dan menjaga fasillitas yang ada agar tidak rusak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Jaringan Komunikasi, Faktor-Faktor Pendukung, Hambatan-hambatan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28385

Actions (login required)

View Item View Item