Komunikasi Instruksional Guru Melalui Proses Belajar Mengajar (Studi Deskriptif mengenai Komunikasi Instruksional Guru melalui Proses Belajar Mengajar dalam Memotivasi Siswa di SLB B Negeri Cicendo Bandung)

Muslimah, Anisa (2014) Komunikasi Instruksional Guru Melalui Proses Belajar Mengajar (Studi Deskriptif mengenai Komunikasi Instruksional Guru melalui Proses Belajar Mengajar dalam Memotivasi Siswa di SLB B Negeri Cicendo Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana komunikasi instruksional guru pada proses belajar mengajar dalam memotivasi siswa di SLB B Negeri Cicendo Bandung. Peneliti mencoba untuk menganalisis dari metode komunikasi, teknik komunikasi, dan taktik komunikasi. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, dengan metode deskriptif. Informan penelitian 5 (lima) orang dan informan pendukung 2 (dua) orang melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka internet searching. Adapun teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi dan uji keabsahan data. Hasil penelitian :1)metode komunikasi guru melalui proses belajar mengajar meliputi metode ceramah, percakapan, demonstrasi, pemberian tugas (PR) dan MMR (Metode Maternal Reflektif). 2)Teknik komunikasi guru pada proses belajar mengajar menggunakan media gambar, buah-buahan plastik, asesoris, magnet, peta, globe, komputer, kerangka prototipe, peralatan masak, mesin otomotif dan aplikasi i-chat.3)Taktik komunikasi guru dengan cara memposisikan diri sebagai teman, mengupdate informasi, melakukan pendekatan dengan siswa agar siswa dapat mengikuti materi yang sedang diajarkan pada saat proses belajar mengajar berlangsung, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar. Kesimpulan penelitian adalah Komunikasi Instruksional di SLB B Cicendo dari TKLB sampai SMALB dari segi metode tidak jauh berbeda misalnya ceramah dan percakapan, hanya dari penggunaan media disesuaikan dengan mata pelajaran dan guru memiliki cara khusus seperti menciptakan suasana yang nyaman sehingga memacu motivasi siswa untuk belajar lebih giat. Saran yang diajukan adalah dalam melakukan proses belajar mengajar guru diharapkan dapat menerapkan metode komunikasi lebih inovatif seperti menggunakan media film.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Instruksional, Metode Komunikasi, Teknik Komunikasi, Taktik Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28386

Actions (login required)

View Item View Item