Pola Komunikasi Balai Penyuluhan Pertanian Indramayu Dalam Upaya Penyebaran Informasi Pertanian (Studi Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Balai Penyuluhan Pertanian Indramayu Melalui Penyebaran Informasi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian di Kecamatan

Nurhayati, Nunung (2014) Pola Komunikasi Balai Penyuluhan Pertanian Indramayu Dalam Upaya Penyebaran Informasi Pertanian (Studi Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Balai Penyuluhan Pertanian Indramayu Melalui Penyebaran Informasi Dalam Meningkatkan Produksi Pertanian di Kecamatan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola komunikasi Balai Penyuluhan Pertanian Indramayu melalui penyebaran informasi dalam meningkatkan produksi pertanian di kecamatan Gabuswetan kabupaten Indramayu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, subyek yang diteliti adalah Balai Penyuluhan Pertanian yang ada di kecamatan Gabuswetan kabupaten Indramayu dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh informan sebanyak 7 (tujuh) orang, dan informan pendukung sebanyak 2 (dua) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tinjauan pustaka, penelusuran data online, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah perpanjangan pengamatan, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil Penelitian 1). Arus pesan, Arus pesan komunikasi pada Balai Penyuluhan Pertanian melalui penyebaran informasi dalam meningkatkan produksi pertanian di kecamatan Gabuswetan kabupaten Indramayu berlangsung secara formal dan tidak formal dalam bentuk vertikal antara Balai Penyuluhan Pertanian kepada petani maupun petani kepada Balai Penyuluhan Pertanian dan horizontal yaitu sesama petani dengan petani maupun staf dengan staf yang ada di Balai Penyuluhan Pertanian. 2). Hambatan, yaitu karena ketidak jelasan pesan pada penyebaran informasi dalam meningkatkan produksi pertanian di kecamatan Gabuswetan kabupaten Indramayu diantaranya: ketidak jelasan penyebaran informasi, mengenai prasarana yang tidak memadai, perbedaan persepsi, dan perbedaan cara pandang. Kesimpulan penelitian adalah, Pola komunikasi melalui penyebaran informasi dalam meningkatkan produksi pertanian di kecamatan Gabuswetan kabupaten Indramayu adalah sebuah proses yang dirancang oleh Balai Penyuluhan Pertanian untuk menyebarkan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian untuk di sampaikan kepada petani guna memberikan pengetahuan, pengalaman, berbagai informasi untuk menambah kualitas dari hasil pertanian atau menambah pengetahuan dari petaninya. Saran penelitian adalah hendaknya Balai Penyuluhan Pertanian lebih proaktif untuk mempersiapkan regenerasi sebagai penyuluh-penyuluh yang unggul di masa yang akan datang, misalnya memfasilitasi staf dengan mengikuti pelatihan seminar dan studi lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Arus Pesan Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Pola Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28389

Actions (login required)

View Item View Item