Perilaku Komunikasi Penyandang Autis Yang Berprofesi Sebagai Music Arranger (Studi Kasus Mengenai Perilaku Komunikasi Penyandang Autis Yang Berprofesi Sebagai Music Arranger Dengan Para Personil Band Indie di Kota Bandung)

Ratna Sari, Euis (2014) Perilaku Komunikasi Penyandang Autis Yang Berprofesi Sebagai Music Arranger (Studi Kasus Mengenai Perilaku Komunikasi Penyandang Autis Yang Berprofesi Sebagai Music Arranger Dengan Para Personil Band Indie di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Komunikasi Penyandang Autis Yang Berprofesi Sebagai Music Arranger Dengan Para Personil Band Indie di Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal, komunikasi non verbal, motif, serta hambatan yang ada di dalam perilaku komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan pencarian data di internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal berupa penggunaan bahasa Indonesia dan Aksen bahasa Inggris, echolalia, dan tahap komunikasi The Partner Stage. Komunikasi non verbal berupa ekspresi wajah & kontak mata, pesan proksemik, dan penggunaan busana. Lalu, adanya motif masa lalu menjadi Music Arranger dan motif masa depan menjadi Music Arranger dalam membentuk perilaku komunikasi tersebut. Perilaku komunikasinya hambatan tidak terlalu menonjol, hanya saja memiliki sedikit kesulitan menyampaikan pesan dan memaknai pesan yang diterima dan memiliki kepentingan yang membuat penyandang autis dapat memaknai pesan. Simpulan perilaku komunikasi Penyandang Autis Yang Berprofesi Sebagai Music Arranger adalah peneliti menemukan banyak hal yang menjadi keunikan dari berbagai aspek, seperti dilihat dari komunikasi verbal dan nonverbalnya. Hal ini menjadi sesuatu keunikan dalam perilaku komunikasi seorang penyandang autis. Peneliti pun mencoba ingin memperlihatkan bahwa autisme tidak seperti banyak persepsi negatif diluar sana, bahwa masih ada autisme dengan kehidupan sosial yang lebih baik dan dapat berkarya sesuai bidangnya. Saran untuk seorang penyandang autis agar dapat terus berkarya di bidang musiknya, dengan berkarya melalui musik itulah sebagai tahap yang terus menerus menjadi perkembangan dalam membangun kehidupan sosialnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal, Motif, & Hambatan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28390

Actions (login required)

View Item View Item