Gaya Komunikasi Guru Playgroup di Gymboree Kidsville dan Bakti Asih (Studi Kasus Pada Guru di Playgroup Gymboree Kidsville dan Bakti Asih Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris)

Pancawati Nugrahini, Della (2014) Gaya Komunikasi Guru Playgroup di Gymboree Kidsville dan Bakti Asih (Studi Kasus Pada Guru di Playgroup Gymboree Kidsville dan Bakti Asih Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Komunikasi Guru Playgroup di Gymboree Kidsville dan Bakti Asih dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris. Penelitian ini membahas tentang gaya komunikasi dilihat dari komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Informan yang berjumlah 4 (empat) orang informan didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data dengan tahap reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan membercek. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, dan penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi Guru Playgroup Gymboree Kidsville dan Bakti Asih dapat dilihat dari komunikasi verbal berupa penggunaan bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Sunda pada waktu tertentu, serta kalimat sapaan good morning maupun kalimat penutup good bye, hip hip hooray dan humor. Penggunaan media visual lewat tayangan video maupun gambar dari buku cerita. Sedangkan komunikasi non verbal berupa bahasa tubuh terdapat ekspresi wajah, kontak mata, isyarat tangan, sentuhan, parabahasa, bau-bauan, penampilan fisik dilihat dari busana baju seragam sehari-hari serta karakter fisik yang energik. Setiap Guru mempunyai gaya komunikasinya masing-masing saat proses belajar mengajar bahasa inggris, yaitu dramatic style, animated style, relaxed style, friendly style, impression leaving style, dan attentive style. Kesimpulan dari penelitian ini gaya komunikasi penggunaan bahasa inggris di Playgroup Gymboree Kidsville sebagai bahasa pengantar, sedangkan di Bakti Asih bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan bahasa Sunda di waktu tertentu. Saran peneliti adalah Guru Playgroup lebih kreatif dalam memberikan pembelajaran bahasa inggris agar merangsang daya ingat murid mengenai kosa kata bahasa inggris, penampilan dalam berbusana harus rapih supaya menarik dilihat murid.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya Komunikasi, Guru Playgroup, Proses Belajar Mengajar, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

View Item View Item