Diskursus Ideologi Dalam Teks Lagu Gendjer-Gendjer (Analisis Wacana Kritis Michel Foucault Tentang Diskursus Ideologi Dalam Teks Lagu Gendjer-gendjer Karya Muhammad Arief)

Renas Yutriana, Tiar (2014) Diskursus Ideologi Dalam Teks Lagu Gendjer-Gendjer (Analisis Wacana Kritis Michel Foucault Tentang Diskursus Ideologi Dalam Teks Lagu Gendjer-gendjer Karya Muhammad Arief).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Diskursus Ideologi Dalam Teks Lagu Gendjer-gendjer. Untuk menjawab masalah diatas, maka peneliti mengangkat sub fokus : Produksi Wacana dan Wacana Terpinggirkan untuk mengukur fokus penelitian. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi analisis wacana kritis Michel Foucault. Objek yang dianalisis adalah teks lagu gendjer-gendjer, Subjek yang dianalisis merupakan ideologi yang terdapat dalam teks lagu gendjer-gendjer. data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, wawancara mendalam, dokumentasi dan penelusuran data online. Untuk uji keabsahan data menggunakan Perpanjangan pengamatan, Peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi data, Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, serta evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa diskursus ideologi dalam teks lagu gendjer-gendjer yang terdapat dua tahapan sesuai dengan analisis wacana kritis menurut Michel Foucault : Produksi wacana meliputi latar belakang praktik wacana ideologi anti komunisme oleh Rezim Orde Baru secara masif dan terstruktur. Wacana terpinggirkan menitik beratkan kepada praktik wacana ideologi anti komunisme itu berkembang serta menjadikan objek penelitian menjadi satu kesatuan dari pengendalian kekuasaan yang dilakukan Rezim Orde Baru.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa gendjer-gendjer adalah bagian dari manifestasi Rezim Orde Baru atas politik bumi hangus terhadap komunisme untuk kepentingan politik kapitalisme. Seiring dengan itu peneliti menemukan ideologi yang berada dibalik teks lagu gendjer-gendjer, yaitu ideologi kerakyatan, melihat dari realitas dan latar belakang pembuatan lagu serta isi teks yang terkandung dalam lagu gendjer-gendjer karya Muhammad Arief tersebut. Adapun Saran dari peneliti, agar masyarakat diharapkan tidak menelan mentah-mentah sebuah informasi, khususnya untuk kemunculan sebuah wacana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diskursus, Ideologi, Teks Lagu Gendjer-gendjer, Analisis Wacana Kritis Michel Foucault
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item View Item