Representasi Hegemoni Jejaring Sosial Twitter Pada Film Republik Twitter Karya Kunt Agus (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Representasi Hegemoni Jejaring Sosial Twitter Dalam Film Republik Twitter)

Novanda, Gilang (2014) Representasi Hegemoni Jejaring Sosial Twitter Pada Film Republik Twitter Karya Kunt Agus (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Representasi Hegemoni Jejaring Sosial Twitter Dalam Film Republik Twitter). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui makna semiotik mengenai hegemoni yang terdapat dalam film Republik Twitter, dan menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film Republik Twitter yang berkaitan dengan hegemoni yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi yang merupakan kode-kode televisi John Fiske.Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik John Fiske. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, studi pustaka, dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film Republik Twitter dengan membagi kedalam sequence yaitu sequence Prolog, Ideological Content, dan Epilog yang merepresentasikan 3 level yaitu level realitas, level representasi, dan ideologi.Hasil penelitian menunjukan pada level realitas menggambarkan hegemoni dilihat dari kode-kode seperti kostum, cara berbicara, perilaku dan riasan, level representasi menggambarkan hegemoni dilihat dari kode-kode teknik seperti pengambilan gambar dengan menggunakan kombinasi shoot dan pada level ideologi didapat ideologi kapitalis yang merupakan sebuah ideologi sistem politik.Simpulan ini menunjukan hegemoni jejaring sosial Twitter dilakukan dengan memadukan kode-kode dalam The Codes of Television John Fiske. Film Republik Twitter menggambarkan fenomena komunikasi menggunakan Twitter yang dapat diakses secara bebas. Dimana fenomena tersebut dimanfaatkan untuk menghegemoni masyarakat agar menerima ideologi dominan.Saran yang dapat peneliti berikan dari analisis semiotik John Fiske pada film Republik Twitter adalah masyarakat lebih dapat menyaring informasi yang terdapat di sosial media, representasi dari film tersebut memaparkan ada kemungkinan manipulasi melalui sosial media khususnya Twitter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kode-kode televisi, Hegemoni, Republik Twitter
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28398

Actions (login required)

View Item View Item