Representasi Simbol Tangan Metal Dua Jari (Studi Semiotika Roland Barthes Tentang Representasi Simbol Tangan Metal Dua Jari Bagi Pecinta Musik Metal di Kota Bandung)

Rosadi, Sopian (2014) Representasi Simbol Tangan Metal Dua Jari (Studi Semiotika Roland Barthes Tentang Representasi Simbol Tangan Metal Dua Jari Bagi Pecinta Musik Metal di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui makna semiotik tentang representasi Simbol Tangan Metal Dua Jari Bagi Pecinta Musik Metal di Kota Bandung, menganalisis representasi apa saja yang terdapat dalam pecinta musik metal di kota Bandung yang berkaitan dengan simbol tangan metal dua jari,yaitu makna denotasi, makna konotasi, mitos/ideologi menurut Roland Barthes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online (internet searching). Objek yang dianalisis merupakan simbol yang terdapat dalam pecinta musik metal di kota Bandung dengan mengambil lima deskripsi simbol. Hasil penelitian menunjukan bahwa representasi simbol tangan metal dua jari bagi pecinta musik metal di kota bandung terdapat tiga makna. Makna denotatif yang terdapat dalam pecinta musik metal di kota bandung dimulai saat komunitas pecinta musik metal di kota Bandung terdapat yang muncul, penggambaran simbol tangan metal dua jari yang dilakukan oleh pecinta musik metal di kota Bandung. Makna konotasi terdapat pada simbol yang digunakan para pecinta musik metal di kota Bandung, seperti penggunaan simbol tangan metal dua jari yang digunakan atau diacungkan oleh para pecinta musik metal di kota Bandung ketika mereka sedang menonton konser musik metal, simbol yang mereka gunakan atau diacungkang ketika nonton musik metal adalah simbol yang melambangkan tanduk kambing. Makna mitos/ideologi yang dapat diambil ,sebuah simbol yang berbahaya dan dapat merusak generasi para pemuda dan simbol penyembahan terhadap setan. Kesimpulan penelitian memaknai Representasi simbol tangan metal dua jari dalam pecinta musik metal untuk memaknai simbol tangan metal dua jari. Peneliti memberikan saran bagi pecinta musik metal di kota Bandung, jadikanlah simbol tangan metal dua jari sebagai simbol untuk identitas atau ikon bagi komunitas metal dan lebih memahami simbol tangan metal dua jari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Representasi, Simbol Tangan Metal Dua Jari, Denotasi, Konotasi, Mitos/ideologi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28400

Actions (login required)

View Item View Item