Representasi Makna Persahabatan Dalam Film 3 Idiots (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Makna Persahabatan Dalam Film 3 Idiots)

Muslim, Nuzul (2014) Representasi Makna Persahabatan Dalam Film 3 Idiots (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Makna Persahabatan Dalam Film 3 Idiots). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotik tentang persahabatan yang terdapat dalam film 3 Idiots, menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film 3 Idiots yang berkaitan dengan persahabatan, yaitu makna denotasi, makna konotasi, mitos menurut Roland Barthes. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi dokumentasi, observasi, studi kepustakaan, dan internet searching. Objek yang dianalisis merupakan scene yang terdapat dalam film 3 Idiots dengan mengambil enam Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga makna sesuai dengan semiotik Barthes. Makna denotasi yang terdapat dalam scene 3 Idiots menggambarkan adanya adegan yang bermakna semangat juang dalam hidup dari seorang sahabat. Makna konotasi didapat dari adanya saling percaya dan kepedulian antara sesama sahabat. Makna mitos yang terdapat dari scene, permasalahan yang terjadi pada Rancho, Raju, dan Farhan membuat persahabatan mereka menjadi semakin kuat karena mereka mengatasinya bersama-sama. Kesimpulan penelitian memperlihatkan adanya ikatan persahabatan yang sangat kental diantara Rancho, Farhan dan Raju. Di dalam arti persahabatan memang dibutuhkan mengenai kepercayaan, kesetiaan, sepemikiran, kejujuran, dan hal-hal lain yang bisa membangun suatu persahabatan yang baik. Nilai persahabatan dilihat dari ketulusan dan kesediaan untuk berkorban demi orang lain. Peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat lebih mengangkat apa yang masyarakat belum ketahui dengan representasi ke dalam sebuah film dengan tampilan yang menarik. Film 3 Idiots memperlihatkan banyak pesan moral dan film ini dapat dijadikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Makna denotasi, makna konotasi, makna mitos, persahabatan, representasi, 3 Idiots
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28402

Actions (login required)

View Item View Item