Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit (Studi Kasus : PT. Biro Klasifikasi Indonesia Cabang Makassar)

Hidayat Saputra, Febri (2014) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit (Studi Kasus : PT. Biro Klasifikasi Indonesia Cabang Makassar).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Biro Klasifikasi Indonesia ( Persero ) Cabang Makassar merupakan salah satu perusahaan BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ). Sebagai perusahan yang besar PT. Biro Klasifikasi Indonesia Cabang Makassar sudah tentu menerapkan teknologi informasi sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan bisnis dari perusahaan tersebut. Namun masih terdapat kendala-kendala dalam pemanfaatan teknologi informasi tersebut sehingga tujuan dari bisnis perusahaan belum tercapai sesuai harapan.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi tata kelola teknologi informasi yang berjalan selama ini di PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero ) Cabang Makassar, membantu menemukan berbagai kebutuhan manajemen yang berkaitan dengan teknologi informasi, merancang penerapan tata kelola teknologi informasi yang berpotensi dapat memecahkan dan mencegah permasalahan yang ada pada proses teknologi informasi yang mengacu pada praktek terbaik dari COBIT 4.1. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara mengetahui gambaran umum perusahaan, studi pustaka, pengumpulan data, menilai kematangan/maturity proses, menentukan tingkat kematangan/maturity, memberikan rekomendasi strategi perbaikan, dan menarik kesimpulan.Dari hasil penelitian proses-proses TI terpilih sebanyak sepuluh proses secara mayoritas tingkat kematangan/maturity tata kelola TI PT. Biro Klasifikasi Indonesia Cabang Makassar saat ini berada pada level tiga atau Define. Target tingkat kematangan/maturity tata kelola TI yang ingin dicapai adalah pada level empat atau Manage and Measureable. Untuk mencapai tingkat kematangan/maturity yang diinginkan, dapat direkomendasikan tiga hal yaitu harus memiliki ukuran kuantitatif yang dijadikan sasaran kinerja proses teknologi informasi, harus mempunyai fasilitas untuk memonitor dan mengukur prosedur yang sudah berjalan yang dapat mengambil tindakan jika terdapat proses yang diindikasi tidak efektif, harus diperbaiki terus menerus dan dibandingkan dengan praktek-praktek terbaik yang telah banyak digunakan sebagai acuan dalam tata kelola TI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tata kelola, Teknologi informasi, COBIT, Tingkat Kematangan
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28415

Actions (login required)

View Item View Item