Pengukuran Maturity Level Sistem Informasi Manajemen Pusat Informasi Komuditas Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1

Wirayudha, Garda (2014) Pengukuran Maturity Level Sistem Informasi Manajemen Pusat Informasi Komuditas Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SIM PIK merupakan suatu sistem informasi yang diperuntukkan bagi informasi dan transaksi pertanian di Jawa Barat. SIM PIK ini pula oleh Dinas Pertanian Jawa Barat direncanakan sebagai pusat pengembangan SIM PIK di Kementerian Pertanian. Oleh karena itu, dinas mengukur kematangan SIM PIK untuk mengetahui tingkat kematangan pada SIM PIK saat ini agar siap menjadi pusat pengembangan SIM PIK di Indonesia. Untuk menghasilkan pengukuran kematangan pada perkembangan dan tindakan SIM PIK saat ini, diperlukan scope (ruang lingkup) SIM yang jelas, dimana scope yang ditentukan dalam penelitian ini adalah strategi SI, EAP, manajemen proyek, manajemen SDM, prosedur dan kinerja software SIM PIK. Adapun metodologi yang dipergunakan diawali dengan tahap perencanaan (menentukan tujuan dan identifikasi SIM PIK), kemudian tahap mempelajari dan mengevaluasi kontrol (identifikasi kendali SIM PIK dengan control objectives COBIT 4.1 dan mengumpulkan bukti-bukti), selanjutnya tahap pengujian kontrol (menguji kendali dan bukti-bukti dengan maturity model COBIT 4.1) dan tahapan terakhir adalah tahap pelaporan (mendokumentasikan hasil audit serta memberikan rekomendasi terhadap dinas). Pengukuran maturity level pada SIM PIK kali ini mempergunakan rumusan CMMI COBIT 4.1. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa maturity level SIM PIK secara keseluruhan masih berada pada level 1. Dengan hasil maturity level SIM PIK yang masih pada level 1, maka dapat disimpulkan bahwa SIM PIK dalam implementasinya masih bersifat ad hoc atau tidak terorganisir. Oleh karena itu, dinas disarankan agar membenahi skema proses pada SIM PIK agar perkembangan dan tindakan SIM PIK memiliki pola proses yang teratur sehingga pengukuran dasarnya dapat teridentifikasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SIM PIK, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Maturity Level, COBIT 4.1
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28416

Actions (login required)

View Item View Item