Perencanaan Strategi Kolaborasi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia Untuk Mengoptimalkan Potensi Kerja Sama Program Double Degree Dengan Youngsan University

Paris Hasugian, Leonardi (2014) Perencanaan Strategi Kolaborasi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia Untuk Mengoptimalkan Potensi Kerja Sama Program Double Degree Dengan Youngsan University.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kerja sama merupakan hal yang dilakukan oleh suatu organisasi dalam membangun atau memperbaiki keadaan organisasinya untuk mencapai keuntungan dan tujuan tertentu bagi kedua belah pihak. Universitas Komputer Indonesia bersama Youngsan University melakukan kesepakatan kerja sama untuk menciptakan dan mengembangkan kompetensi pendidikan melalui program kerja sama double degree untuk jenjang Strata 2 sebagaimana yang tertuang dalam MoA (Memorandum of Agreement) UNIKOM dan YSU tahun 2011. Masalah mendasar yang sering ditemukan dalam aktifitas kerja sama tersebut selain perbedaan letak geografis dan budaya kerja adalah masalah komunikasi dan distribusi informasi. Permasalahan ini tidak lepas dari aktifitas kerja sama dalam penggunaan teknologi komputer dan telekomunikasi, hal ini terkait dengan proses bisnis dan arsitektur sistem informasi. Untuk itu perlunya perencanaan strategi yang terkonsentrasi pada kerja sama itu sendiri, yaitu strategi kolaborasi dengan berfokus kepada kolaborasi sistem informasi terkait komunikasi dan distribusi informasi sesuai kebutuhan kerja sama. Tujuannya untuk membuat rencana strategi kolaborasi guna mengoptimalkan proses bisnis yang terkait dengan orang, proses, dan teknologi dimana perencanaan ini dilakukan bertahap sesuai dengan durasi kerja sama selama 5 tahun (2011-2016). Pendekatan yang digunakan dalam memperoleh strategi kolaborasi dengan menggunakan analisis PEST dan SWOT dimana kedua analisis tersebut mengidentifikasi lingkungan eksternal dan internal berdasar pada kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada dalam kerja sama, serta penggunaan Cisco Collaboration Strategy Framework dalam menentukan dan menetapkan kebijakan, proses bisnis, dan sistem informasi yang mengintegrasikan dan mempengaruhi tiga hal mendasar yaitu people, process, dan technology. Hasil analisis yang terbentuk menetapkan perencanaan strategi kolaborasi sistem informasi, yang merupakan pemetaan kolaborasi UNIKOM dan YSU dalam menentukan dan mengoptimalkan peluang kerja sama yang nantinya mampu mencanangkan keselarasan proses bisnis, layanan, aplikasi, perangkat, dan konten kolaborasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kerja Sama, Kolaborasi, Strategi, Sistem Informasi
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28417

Actions (login required)

View Item View Item