Pembangunan Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) Pada PT Famous Pacific Shipping Indonesia Cabang Jakarta

Sandra Dewi, Wiezka (2016) Pembangunan Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) Pada PT Famous Pacific Shipping Indonesia Cabang Jakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Famous Pacific Shipping (FPS) Indonesia adalah perusahaan jasa pengurusan transportasi yang menyediakan berbagai macam pelayanan terhadap eksportir dan importir. Perusahaan ini memiliki proses bisnis yang sangat bergantung pada tingkat kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Namun pada sistem yang sedang berjalan kurang didukung oleh teknologi untuk melakukan pelayanan, maka membuat pelanggan melakukan komplain yang mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas pelayanan dan jumlah pelanggan. Prinsip dasarnya bahwa tidak semua pelanggan itu sama nilai keuntungan bagi perusahaan. Relasi yang harus dibangun adalah win-win relationship. Sehingga perusahaan memerlukan pengelompokkan pelanggan (segmentasi) sesuai dengan kriteria tertentu. Dengan mengetahui kelompok pelanggan, maka perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya seperti jenis pelayanan dan strategi yang tepat pada pelanggan dengan kelompok tertentu. Penerapan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) dapat menjadi sebuah alternatif solusi yang tepat untuk mewujutnya hal tersebut. Pengelompokan pelanggan dilakukkan dengan menggunakan Metode LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary) yang bertujuan dalam mengetahui kelompok-kelompok pelanggan dan CLV (Customer Lifetime Value) untuk mengetahui nilai atau harga dari masing-masing pelanggan PT FPS Indonesia. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistem informasi berupa aplikasi web yang dapat melakukan pengolahan data, segmentasi dengan metode LRFM dan CLV untuk menentukan pelanggan menjadi 5 kelompok beserta rangkingnya, penentuan strategi sesuai dengan pengelompokkan, membership untuk pelanggan agar dapat melakukan pelayanan terhadap perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengelompokan Pelanggan, CRM (Customer Relationship Management), LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary), CLV(Customer Lifetime Value)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item