Representasi Propaganda Demokrasi dalam Film The War on Democracy (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough mengenai Representasi Propaganda Demokrasi dalam Film Dokumenter The War on Democracy Karya John Pilger)

Rizki, Romy (2014) Representasi Propaganda Demokrasi dalam Film The War on Democracy (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough mengenai Representasi Propaganda Demokrasi dalam Film Dokumenter The War on Democracy Karya John Pilger). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui propaganda demokrasi dalam film The War on Democracy dengan mengkaji bagaimana representasi, relasi dan identitas yang ditampilkan dalam teks, intertekstualitas, interdiskursif, sistem produksi dan sistem konsumsi teks, serta konteks sosial budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain analisis wacana kritis Norman Fairclough. Data penelitian dikumpulkan dengan mengumpulankan teks yang terdapat dalam film, wawancara mendalam dan studi pustaka. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pada teks yang terdapat dalam film ini menggambarkan bagaimana rangkaian propaganda yang diluncurkan AS terhadap negara-negara Amerika Latin (Venezuela, Guatemala, Kuba, Chile dan Bolivia) dengan CIA sebagai kepala propaganda. Dalam proses pembuatan film, dilakukan pengumpulan informasi melalui wawancara dengan berbagai pihak terkait dan pengumpulan informasi melalui arsip berita yang di dapat dari media tertentu, dari segi sistem konsumsi film ini memiliki karakteristik konsumen dengan tingkat pendidikan yang baik dan ekonomi menengah ke atas sehingga kurang menjangkau konsumen masyarakat bawah. Setelah memenangkan pemilu tahun 2006 untuk masa jabatan periode kedua, Presiden Ch�¡vez mengeluarkan sejumlah kebijakan yang ditujukan untuk membawa Venezuela ke arah sosialis. Peneliti menyarankan bagi para sineas indonesia agar dapat lebih memecah keheningan politik dengan membuat film yang berhubungan dengan politik, sehingga dapat memberikan wawasan bagi masyarakat indonesia bagaimana arti politik dan seberapa penting politik itu untuk diketahui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Norman Fairclough, Propaganda, Demokrasi, Amerika Serikat, Amerika Latin
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28457

Actions (login required)

View Item View Item