Konstruksi Makna Mati Muda Musisi 27 Club (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Makna Mati Muda Musisi 27 Club Pada Anggota Komunitas 27 Club Indonesia di kota Jakarta)

Veronica Ximenes, Guiorgia (2014) Konstruksi Makna Mati Muda Musisi 27 Club (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Makna Mati Muda Musisi 27 Club Pada Anggota Komunitas 27 Club Indonesia di kota Jakarta). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tentang konstruksi makna mati muda musisi 27 club pada anggota komunitas 27 club Indonesia di kota Jakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tindakan yang terjadi pada anggota komunitas 27 club Indonesia di kota Jakarta dalam memahami makna mati muda musisi 27 club, untuk mengetahui pikiran anggota komunitas 27 club Indonesia selama menjadi anggota komunitas 27 club di kota Jakarta dan untuk mengetahui pengalaman anggota komunitas 27 club Indonesia selama menjadi anggota komunitas 27 club di kota Jakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif studi fenomenologi dengan informan yang berjumlah 5 (lima) orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, studi kepustakaan, dokumentasi, dan penelusuran data online. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Pikiran anggota komunitas 27 club Indonesia di kota Jakarta selama menjadi anggota dapat diketahui dari cara berimajinasi, obsesi, pemahaman dan keyakinan tentang 27 club, 2). Tindakan yang terjadi pada anggota komunitas 27 club Indonesia di kota Jakarta dalam memahami makna mati muda musisi 27 club dapat dilihat rasa ingin tahu, mengapresiasikan karya, perilaku dan gaya hidup anggota komunitas 27 club Indonesia di kota Jakarta, 3). Pengalaman anggota komunitas 27 club Indonesia di kota Jakarta selama menjadi anggota dilihat dari cara interaksi, perubahan perilaku, sifat dan mindset, mendapatkan pengetahuan dan budaya baru. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa konstruksi makna mati muda musisi 27 club dapat dimaknai sebagai proses dimana mencapai titik jenuh pada usia 27 tahun. Proses yang sama diantaranya pemahaman, kesadaran dan imajinasi dari para informan yang berorientasi kepada rasa ingin tahu tentang musisi 27 club. Saran untuk komunitas adalah sebagai organisasi atau komunitas musik, diharapkan setiap anggota komunitas 27 club Indonesia di kota Jakarta mampu membedakan bagian yang positif dan negatif dari gaya hidup musisi 27 club, dan tidak mengimitasi secara berlebihan dari gaya hidup musisi 27 club.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tindakan, pikiran, pengalaman, studi fenomenologi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28458

Actions (login required)

View Item View Item