Pola Komunikasi Auditor Sertifikasi Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Pola Kominukasi Auditor Sertifikasi Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung Dalam Kegiatan Audit Eksternal di PT. Multi Instrumentas

Mulyani, Yani (2014) Pola Komunikasi Auditor Sertifikasi Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Pola Kominukasi Auditor Sertifikasi Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung Dalam Kegiatan Audit Eksternal di PT. Multi Instrumentas.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pola Komunikasi Auditor Sertifikasi Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Bandung. Penelitian ini membahas tentang Pola Komunikasi dilihat dari proses komunikasi, bentuk komunikasi, hambatan komunikasi, dan Pola Komunikasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling dengan jumlah informan tiga orang dan satu orang informan pendukung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang di lakukan oleh Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Bandung (B4T) dalam kegiatan audit eksternal di PT. Muliti Instrumentasi berlangsung dua arah, pada proses komunikasi dalam kegiatan audit sertifikasi, lead auditor sertifikasi menjadi komunikator dan auditee menjadi komunikan, pesan disampaikan secara langsung berisi rencana kegiatan selama kegiatan audit eksternal. Bentuk komunikasi interpersonal adalah pelaksanaan kontak awal dengan auditee, komunikasi selama audit dan ketika pengumpulan dan verifikasi informasi atau wawancara. Bentuk Komunikasi Kelompok adalah permulaan audit eksternal / rapat internal dan perumusan temuan audit / rapat team audit pada saat pelaksanaan kegiatan audit lapangan. Komunikasi organisasi adalah opening meeting dan closing meeting ketika pelaksnaan audit di lapangan. Hambatan komunikasi yang terjadi dalam berupa hambatan semantik bahasa. Kesimpulan penelitian dari Pola Komunikasi auditor sertifikasi Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) dalam kegiatan audit eksternal di PT. Multi Instrumentasi Bandung, yang didalamnya terdapat proses komunikasi dan bentuk komunikasi sudah berjalan sesuai dengan harapan, dalam kegiatan audit eksternal terdapat dua pola, Pola Komunikasi ketika persiapan audit adalah Pola Komunikasi linier dan Pola Komunikasi ketika audit eksternal di lapangan adalah Pola Komunikasi sirkular. Saran untuk peneliti selanjutnya, disarankan mengembangkan penelitian dengan subfokus mengenai arus pesan dilihat dari pola komunikasi yang terjadi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Auditor Sertifikasi Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung, Auditee (PT. Multi Instrumentasi Bandung)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28461

Actions (login required)

View Item View Item