Representasi Kelas Sosial Dalam Iklan Layanan Masyarakat Penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak Tahun 2013 Ditinjau Dari Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough

Topan Wiguna, Ruly (2014) Representasi Kelas Sosial Dalam Iklan Layanan Masyarakat Penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak Tahun 2013 Ditinjau Dari Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kelas sosial dalam iklan layanan masyarakat penyesuaian harga bahan bakar minyak tahun 2013 ditinjau dari analisis wacana kritis Norman Fairclough. Untuk mengetahui representasi tersebut, peneliti menganalisa berdasarkan struktur teks, produksi dan konsumsi teks serta situasional, institusional dan sosial. Pendekatan pada penelitian ini yakni kualitatif dengan studi analisis wacana kritis Norman Fairclough. Informan pada penelitian ini berjumlah dua (dua) orang informan. Data diperoleh melalui studi pustaka, wawancara mendalam, dokumentasi, serta penelusuran internet. Teknik analisa data yang dilakukan yakni meliputi representasi, relasi serta identitas. Adapun uji keabsahan data antara lain meningkatkan ketekunan, analisis kasus negatif dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian pada struktur teks menunjukkan koherensi pada titik tertentu ingin menunjukkan kekuasaan. Discourse practice iklan layanan masyarakat yang dimunculkan oleh kementerian komunikasi dan informatika ini membuat masyarakat berpikir untuk lebih mengetahui bagaimana kenaikan bahan bakar ini terjadi. Sosiocutural practice Kenaikan harga bahan bakar minyak pada tahun 2013 tidak tepat. Situasi ekonomi dunia yang belum menentu dan kebutuhan pembangunan infrastruktur dalam negeri perlu direspon. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan upaya pemerintah menaikkan BBM mencerminkan lemahnya akuntabilitas di bidang pengelolalaan energi dari mulai penghitungan jumlah subsidi yang harus dibayar APBN, sehingga merugikan bagi masyarakat miskin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, kelas sosial, Struktur teks, discourse practice ( produksi dan konsumsi teks ), sosiocultural practice ( Situasional, Institusional, Sosial )
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

View Item View Item