Representasi Nilai-Nilai Motivasi Yang Terkandung Dalam Film My Name Is Khan (Studi Semiotik Mengenai Nilai-Nilai Motivasi Yang Terkandung Dalam Film My Name Is Khan)

Aziz R K, Muhammad (2014) Representasi Nilai-Nilai Motivasi Yang Terkandung Dalam Film My Name Is Khan (Studi Semiotik Mengenai Nilai-Nilai Motivasi Yang Terkandung Dalam Film My Name Is Khan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Representasi Nilai-Nilai Motivasi Yang Terkandung Dalam Film My Name Is Khan. Untuk menjawab dari identifikasi masalah dalam penelitian ini, sehingga peneliti mencoba menganalisis dari makna denotatif, konotatif, dan mitos/ideologi tentang nilai-nilai motivasi dalam film My Name Is Khan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan design studi semiotik Roland Barthes. Data yang terkumpul didapat melalui pengamatan film My Name Is Khan dan melakukan wawancara sebagai data pendukung kepada informan yang mengerti seputar perfilman. Teknik Analisa data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menemukan Makna Denotatif yang terdapat pada scene, dimana seorang ibu yang memunculkan nilai motivasi dengan memperjuangkan anaknya agar pintar dengan membekali ilmu pengetahuan dan agama untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa dipercaya orang. Makna konotatif terdapat dalam scene bukti perjuangan orang tua dengan ikhlas berhasil membentuk Rizvan menjadi seseorang yang memiliki nilai motivasi yang dapat dipercaya oleh masyarakat. Makna mitos/ideologi yang terdapat dalam scene bahwa nilai-nilai motivasi terdapat dalam Al-Qur;an dan Hadits yang menyatakan dalam hidup harus selalu berusaha dan bertawakal. Kesimpulan yang di dapat bahwa menunjukan nilai-nilai motivasi perjuangan dari seorang ibu untuk anaknya yang ditandai dengan keikhlasan seorang ibu agar anaknya mempunyai semangat nilai-nilai motivasi, dimana hakekatnya nilai-nilai motivasi tercantum juga dalam hadits al-qur��an. Peneliti memberikan saran bagi para peneliti selanjutnya bahwa penelitian semiotika merupakan kajian yang menarik karena kita bisa mengetahui pesan luar yang sengaja tidak ditampilkan dalam sebuah film, sehingga kita dapat menganalisa makna yang tersimpan didalam sebuah film tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Film My Name Is Khan, Nilai-Nilai Motivasi, Denotatif, Konotatif, dan Mitos/ideologi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28468

Actions (login required)

View Item View Item