Konstruksi Makna Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Makna Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Bagi Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia)

Septiana, Winda (2014) Konstruksi Makna Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Makna Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Bagi Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara mendalam bagaimana konstruksi makna Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Peneliti menganalisa berdasarkan nilai, motif, dan pengalaman Anggota MPR RI Periode 2009-2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang , 4 orang sebagai informan penelitian dan 1 orang sebagai informan pendukung, teknik pemilihan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, analisis data dengan data collection, data reduction, data display, dan conclusions: drawing/verifying, serta uji keabsahan data dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah memaknai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bagi Anggota MPR RI Periode 2009-2014, dengan mengetahui nilai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, yang bertujuan untuk kedamaian, keimanan, ketaqwaan, keadilan, kesejahteraan, mufakat, keselarasan, persatuan dan kesatuan. Motif untuk meneruskan para pejuang bangsa dan untuk mensejahterakan bangsa Indonesia, kini lebih mementingkan kepentingan individu dan golongan dengan wacana untuk mensejahterakan rakyat. Serta pengalaman dari berbagai kegiatan formal dan nonformal dalam memaknai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tidak membuat perubahan besar untuk membuat bangsa Indonesia menjadi lebih baik.. Dilihat dari cara memaknai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang diaplikasikan didalam kegiatan sehari-hari oleh anggota MPR RI untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia, dengan berideologikan Pancasila, berlandaskan konstitusi UUD NRI Tahun 1945, berkomitmen kebangsaan akan keutuhan NKRI, dan menghargai serta menjunjung tinggi kemajemukan bangsa dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa anggota MPR RI Periode 2009-2014 memaknai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia, namun disisi lain masih banyak Anggota MPR RI yang memaknai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ini untuk mementingkan kepentingan individu maupun golongan. Saran bagi anggota MPR RI ialah lebih mengaplikasikan makna Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara didalam kegiatan sehari-hari baik kegiatan yang bersifat formal maupun informal, sehingga dapat menjadi panutan bagi masyarakat Indonesia, dengan menjalankan visi, misi, serta menepati janji yang telah diucapkan dalam pemilihan umum sebelum terpilihnya menjadi Anggota MPR RI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Makna, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Anggota MPR RI/wakil rakyat/elit politik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28472

Actions (login required)

View Item View Item