Perilaku Komunikasi Pedagang Dari Suku Minang di Pasar Cimol Gedebage (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Pedagang Pasar Cimol Dari Suku Minang Dalam Menarik Pembeli di Pasar Cimol Gedebage Kota Bandung)

Nugroho, Gustian (2014) Perilaku Komunikasi Pedagang Dari Suku Minang di Pasar Cimol Gedebage (Studi Fenomenologi Perilaku Komunikasi Pedagang Pasar Cimol Dari Suku Minang Dalam Menarik Pembeli di Pasar Cimol Gedebage Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Komunikasi pedagang dari Suku Minang dalam menarik pembeli di Pasar Cimol Gedebage Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal, komunikasi non verbal, dan motif yang mendasari perilaku komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan desain pemelitian yang digunakan adalah studi fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian pada penelitian ini berjumlah 4 orang informan, selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dokumentasi, dan pencarian data di internet. Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal berupa penggunaan bahasa Indonesia, adanya salam atau sapaan saat sedang menarik minat pembeli, ��Cari apa mba?, Silahkan lihat-lihat dullu��. Komunikasi non verbal berupa bahasa tubuh berupa gerakan tangan dan gerakan badan, dan dilihat dari sikap dari pedagang tersebut karena salah satu factor dalam menarik minat pembeli, dan yang terakhir adanya motif yang menjadi alasan menjadi pedagang dan motif tujuan menjadi pedagang dalam membentuk perilaku komunikasi tersebut. Saran peneliti sebaiknya pedagang dari Suku Minang lebih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sedikit mempelajari bahasa Sunda bagi pedagang yang belum bisa berbahasa Sunda agar menciptakan komunikasi yang lebih baik, memperhatikan penggunaan bahasa tubuh dan sikap saat sedang menarik minat pembeli dan saat memberikan pelayanan terhadap pembeli.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, Motif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item