Kajian Visualisasi Naga Sang Hyang Anantaboga dan Sengkalan Dwi Naga Rasa Tunggal Berdasarkan Cara Pandang Kosmis-Mistis

Suryana, Ceptian (2014) Kajian Visualisasi Naga Sang Hyang Anantaboga dan Sengkalan Dwi Naga Rasa Tunggal Berdasarkan Cara Pandang Kosmis-Mistis.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Naga adalah makhluk yang hadir hampir diseluruh budaya di dunia. Terdapat pandangan yang berbeda antara budaya barat, khususnya Eropa dengan budaya timur tentang naga. Di Indonesia sendiri, khususnya di Jawa naga muncul dalam tokoh wayang yaitu Sang Hyang Anantaboga dan sengkalan Dwi Naga Rasa Tunggal. Jika ditinjau Antaboga dan sengkalan Dwi Naga Rasa Tunggal memiliki kesamaan bentuk jika ditinjau dari unsur visual wayang.Dalam penelitian ini masalah yang muncul adalah bagaimana visualisasi naga ditinjau dari cara pandang kosmis-mistis masyarakat Jawa. Untuk memecahkan masalah tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Masalah tersebut dibedah dengan metode hermeneutika rekonstruksi historis.Dari unsur visual naga tersebut maka dapat diketahui bagaimana masyarakat Jawa memposisikan naga dan bagaimana masyarakat menghasilkan visualisasi naga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Naga, Jawa, Sengkalan, Wayang, Kosmis, Mistis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28514

Actions (login required)

View Item View Item