Proses Adaptasi Mahasiswa Asal Aceh di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Proses Adaptasi Mahasiswa Asal Aceh di kota Bandung)

Azmi Noviary, Dinan (2014) Proses Adaptasi Mahasiswa Asal Aceh di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Proses Adaptasi Mahasiswa Asal Aceh di kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Adaptasi Mahasiswa asal Aceh di Kota Bandung. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, di angkat sub fokus memahami, mengatasi dan menyesuaikan untuk menganalisis fokus penelitian yaitu : Proses Adaptasi Mahasiswa asal Aceh di Kota Bandung.Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi, subjek penelitian yaitu para mahasiswa asal Aceh di kota Bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling di peroleh informan sebanyak 4 (empat) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: studi pustaka, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.Hasil Penelitian: 1) Mahasiswa asal Aceh, mengungkapkan bahasa menjadi hambatan yang cukup besar bagi mereka untuk bisa memahami dan bisa merasa nyaman selama di perantauan. 2) Mahasiswa asal Aceh mengatasi hambatan dalam makanan, cuaca, pakaian dan pergaulan. Mengatasi perbedaan makanan di Bandung dengan mencari makanan yang tidak terlalu jauh dengan taste Aceh. 3) Mahasiswa Aceh yang tinggal di Bandung harus bisa menyesuaikan diri dengan norma Sunda yang berlaku dalam masyarakat Bandung. Adanya berbagai perbedaan antara budaya harus dapat dikelola dengan baik oleh mahasiswa asal Aceh.Kesimpulan penelitian ini menunjukan para perantau mengalami gegar budaya, para perantau merasakan ketakutan karena akan merasakan perbedaan budaya. Sebagaimana bahwa usaha manusia dalam mengadaptasikan diri dengan lingkungan merupakan proses belajar dan hal tersebut merupakan suatu kebudayaan Saran Perubahan merupakan suatu bagian yang wajar terjadi dalam diri seseorang. Bukan hal yang salah jika kita melakukan suatu penyesuaian terhadap cara berkomunikasi dari suku lain. akan tetapi, sebagai orang pendatang, kita wajib untuk tetap menjaga dan menghargai masyarakat suku lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses Adaptasi, Gegar Budaya, Komunikasi Antarbudaya
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28515

Actions (login required)

View Item View Item