Audit Kinerja Sistem Pendaftaran Jaminan Fidusia Online Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Kantor Wilayah Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM R.I

Mariyani, (2014) Audit Kinerja Sistem Pendaftaran Jaminan Fidusia Online Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Kantor Wilayah Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM R.I. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah membawa dunia memasuki era baru khususnya dalam bidang informasi. Perkembangan teknologi inilah yang menuntut berbagai pihak baik instansi pemerintahan maupun swasta untuk melakukan segala kegiatannya lebih cepat. Sistem informasi merupakan asset bagi perusahaan yang harus selalu dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan penggunanya. Untuk mengetahui apakah kinerja sistem informasi sesuai dengan perencanaan dan tujuan perusahaan maka perlu dilakukan pengukuran. Wujud pengukuran ini adalah audit sistem informasi. Audit Sistem Pendaftaran Jaminan Fidusia Online ini dilakukan dengan menggunakan framework COBIT 4.1 dan metode analisisnya menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process) dan Balance Scorecard. Capaian Proses TI yang diukur adalah domain Delivery and Support (DS4). Langkah-langkah penelitian ini dimulai dari studi literatur, pra survei, memetakan domain, pembuatan kuesioner, penilaian dan penghitungan kuesioner, penentuan Maturity Level, pembuatan rekomendasi perbaikan, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan dari penelitian. Berdasarkan hasil pengukuran dapat diketahui tingkat kematangan berada pada tingkat 3 yang artinya layanan pendaftaran jaminan fidusia online ini berada pada level Defined Process, dimana tingkat kematangan ini pada umumnya dilengkapi dengan prosedur-prosedur yang terstandarisasi, terdokumentasi dan dikomunikasikan melalui pelatihan secara formal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Audit Sistem Informasi, Audit Sistem Pendaftaran Jaminan Fidusia Online, COBIT 4.1
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28534

Actions (login required)

View Item View Item