Perancangan Masterplan Teknologi Informasi Pada Bappeda Kabupaten Sukabumi

Fauzi, Hirpan (2014) Perancangan Masterplan Teknologi Informasi Pada Bappeda Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi informasi dalam menunjang sistem operasional dan manajerial pada instansi pemerintah menjadi komoditi yang sangat berharga dan menentukan keberhasilan jalannya pemerintahan guna terciptanya pelayanan publik yang optimal. Hal ini sejalan dengan kebijakan dalam RPJMD Kabupaten Sukabumi Tahun 2010-2015 yaitu kebijakan peningkatan kualitas kinerja pemerintahan daerah dan kualitas pelayanan publik melalui program pengembangan sistem informasi dan teknologi informasi. Program pengembangan sistem informasi dan teknologi informasi menjadi salah satu program utama yang dilaksanakan oleh Bappeda Kabupaten Sukabumi sesuai tupoksi dan perannya yaitu menjadi koordinator dalam perencanaan dan pembangunan di daerah. Teknologi informasi disadari sebagai faktor penting didalam menunjang kegiatan-kegiatan baik operasional maupun pengambilan keputusan di Bappeda Kabupaten Sukabumi. Kebutuhan data dan informasi yang cepat dan akurat dapat mempermudah dalam melaksanakan perencanaan, strategi, dan perhitungan penempatan anggaran sampai dengan pengambilan keputusan secara tepat. Untuk itu, Perencanaan IS/IT (Masterplan IT) sangat diperlukan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan. Tools-tools yang digunakan dalam melakukan analisis tentang kondisi SI/TI yang ada di Bappeda Kabupaten Sukabumi melalui Analisis Bisnis Internal dan Analisis Bisnis Eksternal dengan menggunakan Analisis SWOT. Analisis lingkungan IS/IT menggunakan Analisis Trend Perkembangan Teknologi Terkini, Analisis Portofolio Aplikasi Saat Ini (McFarlan) dan analisis Critical Success Factor (CSF). Strategi IS/IT yang diusulkan meliputi : Strategi Bisnis IS, Strategi Manajemen IS/IT dan Strategi IT. Dari setiap strategi tersebut dipetakan menjadi usulan portfolio aplikasi mendatang, usulan perubahan teknologi berupa hardware dan software, usulan perubahan infrastruktur jaringan serta usulan kebutuhan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Masterplan IT, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Analisis SWOT, Portofolio Aplikasi Mc. Farlan dan Analisis CSF
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28546

Actions (login required)

View Item View Item