Tingkat Pelayanan Terminal Makale, Kabupaten Tana Toraja Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Penumpang Angkutan Umum, Sopir Angkutan Umum, dan Pengelola Terminal

Chrisma Nuniary, Barnes (2014) Tingkat Pelayanan Terminal Makale, Kabupaten Tana Toraja Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Penumpang Angkutan Umum, Sopir Angkutan Umum, dan Pengelola Terminal.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Terminal Makale yang terletak di Kabupaten Tana Toraja merupakan terminal penumpang tipe C dan dalam pengembangan menjadi terminal penumpang tipe B menurut RTRW Kabupaten Tana Toraja Tahun 2011-2030. Saat ini penggunaan Terminal Makale ini tidak dimanfaatkan baik oleh penumpang angkutan umum maupun sopir angkutan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan Terminal Makale berdasarkan persepsi dan preferensi penumpang angkutan umum, sopir angkutan umum serta pengelola terminal, sehingga pelayanannya akan lebih optimal jika dikembangkan menjadi terminal tipe B. Tingkat pelayanan terminal ini diukur dengan enam variabel penelitan yaitu: variabel keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan, yang di dalamnya terdapat dua puluh delapan atribut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dari persepsi dan preferensi dan metode IPA (Important Performance Analysis), yang di dalamnya terdapat analisis kesenjangan dan analisis kuadran. Menurut ketiga kategori responden dapat disimpulkan bahwa, yang menjadi prioritas untuk segera diperbaiki adalah fasilitas kebersihan, tempat istirahat, dan kebersihan kamar kecil. Sub variabel yang harus dipertahankan yaitu mengatur lalul intas angkutan umum (Rambu) dan pemisahan jalur masuk dan keluar di terminal . Sub variabel yang menjadi perioritas rendah dari ketiga responden yaitu fasilitas kesehatan, mushollah, tempat penitipan barang, jalur khusus kursi roda, dan kepastian kedatangan angkutan di terminal. Tidak ada atribut yang dianggap berlebihan menurut ketiga kategori responden. Menurut penumpang angkutan umum, sopir angkutan umum dan pengelola terminal, variabel yang dinilai baik adalah variabel keterjangkauan. Sedangkan variabel yang dinilai tidak baik berturut-turut adalah. kenyamanan, keselamatan dan kenyamanan. Variabel keamanan dan kenyamanan dinilai penting menurut ketiga responden tersebut. Variabel kesetaraan dinilai kurang penting dalam meningkatkan tingkat pelayanan Terminal Makale.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: terminal, angkutan umum, persepsi dan preferensi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item View Item