Analisis Ketersediaan dan Kepuasan Masyarakat Tentang Jenis dan Fasilitas RTH Publik Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Masyarakat

Syalaluddin, Giri (2014) Analisis Ketersediaan dan Kepuasan Masyarakat Tentang Jenis dan Fasilitas RTH Publik Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Masyarakat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan hal yang penting bagi suatu kota. Namun, di Kota Bandung sendiri, luasan RTH yang ada belum memenuhi target minimal 30% dari luas daerah itu sendiri yang telah ditetapkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bandung. Salah satunya adalah RTH di Wilayah Pengembangan Cibeunying yang berada di Kota Bandung. WP Cibeunying ini memiliki 5 kecamatan yaitu Kecamatan Sumur Bandung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kecamatan Coblong, dan Kecamatan Cidadap. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi RTH yang ada di WP Cibeunying. Kondisi ini dilihat dari ketersediaan luas lahan berdasarkan jumlah penduduk, persepsi masyarakat tentang RTH publik (peran, jumlah, bentuk dan jarak), dan kepuasan masyarakat terhadap jenis dan fasilitas RTH publik berdasarkan persepsi dan preferensi. Metode analisis yang digunakan dalam studi ini ada 2 yakni importance performance analysis dan deskripsi atau gambaran secara sistematis mengenai gambaran atau menjelaskan berbagai karakteristik aspek perancangan kota ruang terbuka hijau, sedangkan importance performance analysis atau tingkatan kinerja/ persepsi dan kepentingan/preferensi masyarakat digunakan untuk memetakan hubungan antar persepsi dengan preferensi dari atribut-atribut yang ditentukan importance performance analysis terdiri dari dua komponen yaitu, analisis kuadran dan analisis kesenjangan (gap). Dengan analisis kuadran dapat diketahui respon konsumen terhadap atribut yang didasarkan terhadap tingkat persepsi dan preferensi dari atribut tersebut. Sedangkan analisis kesenjangan (gap) digunakan untuk melihat kesenjangan antara kinerja suatu atribut dengan harapan konsumen terhadap atribut yang dipilihnya. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa ketersediaan RTH di WP Cibeunying masih belum terpenuhi. Persepsi masyarakat terhadap sebuah RTH publik pun bermacam-macam berdasarkan aspek peran, bentuk, jumlah, jarak, persepsi terhadap jenis taman, dan persepsi masyarakat terhadap fasilitas yang ada di taman. Namun, secara umum masyarakat masih belum merasa puas dengan RTH yang ada saat ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi & Preferensi Masyarakat, Ruang Terbuka Hijau, RTH WP Cibeunying
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28559

Actions (login required)

View Item View Item