Pengembangan Modul Ujian Essay Online Dengan Koreksi Otomatis Pada Learning Management System SMPN 1 Cimahi

Tri Bahtiar Efendi, Aris (2014) Pengembangan Modul Ujian Essay Online Dengan Koreksi Otomatis Pada Learning Management System SMPN 1 Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMP Negeri 1 Cimahi merupakan sekolah yang sudah menerapkan sebuah teknologi IT, seperti pada sistem pembelajaran secara online melalui aplikasi Learning Management System. Sistem LMS yang ada saat ini memiliki fitur ujian online, namun hanya terbatas pada ujian pilihan ganda saja. Padahal pada kenyataannya, guru juga memberikan soal ujian berbentuk essay. Kendala lainnya adalah guru mengoreksi ujian masih secara manual dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Hal inilah yang mendasari lahirnya pengoreksian essay dan penilaian jawaban essay untuk mempersingkat pemeriksaan jawaban essay. Ada banyak metode yang telah dikembangkan untuk pengoreksian dan penilaian essay secara otomatis, salah satunya adalah Latent Semantic Analysis (LSA). Metode ini mempunyai ciri khas hanya mementingkan kata-kata kunci yang terkandung dalam sebuah kalimat tanpa memperhatikan karakteristik linguistiknya. Pada LSA, kata-kata direpresentasikan dalam sebuah matriks semantik dan kemudian diolah secara matematis menggunakan teknik aljabar linier Singular Value Decomposition (SVD). Dalam menginputkan jawaban kadang siswa mengalami kesalahan, maka dibutuhkan algoritma untuk menangani itu. Algoritma Levenshtein Distrance dipilih karena mampu menangani kesalahan penginputan, karena hanya memeriksa jarak antar huruf dalam kata jadi bisa lebih cepat dalam pemprosesan. Implementasi pengoreksian dan penilaian otomatis dibangun menggunakan bahasa PHP. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan penelitian alpha dan betha terhadap fitur ujian online SMP Negeri 1 Cimahi, kesimpulan yang dapat diambil yaitu aplikasi ini memudahkan monitoring pembelajaran siswa, aplikasi ini dapat membantu guru dalam mengoreksi dan memberikan nilai ujian online siswa, serta memiliki akurasi perhitungan nilai ujian oleh sistem sudah mendekati pengoreksian manual oleh guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Management System, LMS, Latent Semantic Analysis, LSA, Levenshtein Distance, Pengoreksian Essay Otomatis
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28567

Actions (login required)

View Item View Item