Pengaruh Marketing Mix Oleh Divisi Marketing Terhadap Kepuasan Berkunjung Wisatawan di Floating Market Lembang

Rukmana, Dadang (2014) Pengaruh Marketing Mix Oleh Divisi Marketing Terhadap Kepuasan Berkunjung Wisatawan di Floating Market Lembang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Marketing Mix oleh divisi marketing terhadap kepuasan berkunjung wisatawan di Floating Market Lembang. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis dari product, price, place dan promotion serta kualitas produk, kualitas pelayanan, kemudahan dan emotional faktor. Tipe penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian survey dan dengan teknik analisis deksriptif. Sebagian besar data dikumpulkan melalui angket dan wawancara didukung oleh studi pustaka. Untuk samplingnya adalah wisatawan yang berkunjung ke Floating Market Lembang, dengan jumlah unit sampel 100 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah Teknik Insidental Sampling. Teknik analisa menggunakan program SPSS 13.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara indikator dan variabel, pengaruh product terhadap kepuasan sebesar 20%, adalah positif dan signifikan. Pengaruh price terhadap kepuasan sebesar 8,3% adalah positif dan signifikan. Pengaruh place terhadap kepuasan sebesar 39,6% adalah positif dan signifikan. Pengaruh promotion terhadap kepuasan sebesar 26,4% adalah positif dan signifikan. Pengaruh marketing mix terhadap kualitas produk adalah 39,3% adalah positif dan signifikan. Pengaruh marketing mix terhadap kualitas pelayanan adalah 23,4% adalah positif dan signifikan. Pengaruh marketing mix terhadap kemudahan 38,9% adalah positif dan signifikan. Pengaruh marketing mix terhadap emotional factor 17,8% adalah positif dan signifikan. Kesimpulan penelitian mengenai Pengaruh Marketing Mix Oleh Divisi Marketing Terhadap Kepuasan Berkunjung Wisatawan di Floating Market Lembang adalah sebesar 43.3% dan sisanya 56.7% dipengaruhi oleh faktor lain, data menunjukkan H1 diterima dan H0 ditolak, penelitian valid. Saran bagi Divisi Marketing Floating Market Lembang dengan menambah kegiatan Product Free (produk gratis), Price Free (harga gratis), dan membentuk layanan customer care untuk meningkatkan kepuasan berkunjung wisatawan dan mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Floating Market Lembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, product, price, place, promotion, kepuasan, kualitas produk, kualitas pelayanan, kemudahan, emotional faktor
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item View Item