Presentasi Diri Terapis Wanita di Panti Pijat Kota Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Terapis Wanita di Panti Pijat Kota Bandung)

Rahadi Adiwijaya, Gilang (2014) Presentasi Diri Terapis Wanita di Panti Pijat Kota Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Terapis Wanita di Panti Pijat Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana presentasi diri terapis wanita yang bekerja di panti pijat Kota Bandung, untuk menjawab masalah penelitian diatas maka diangkat sub fokus panggung depan dan panggung belakang untuk mengamati fokus penelitian yaitu presentasi diri. Metode Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan menggunakan studi dramaturgi, subjek penelitian adalah para terapis wanita yang bekerja di panti pijat Kota Bandung, dengan teknik purposive sampling ditetapkan 3 orang informan penelitian dan 2 orang informan pendukung, untuk menguji keabsahan data dilakukan uji kredibilitas. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi partisipan, wawancara, pencarian di internet dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan pengumpulan, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian pada panggung depan terapis wanita melalui setting diketahui mereka harus tampil cantik dan sexy, sesuai dengan front personal yang ditampilkan seperti, menggunakan seragam yang memperlihatkan bentuk tubuh, memakai high heels dan memakai wewangian. Dari segi gaya, para terapis wanita menyambut tamu dengan ramah. Pada panggung belakang para terapis wanita tampil seutuhnya sebagai ibu, anak dan berbaur dengan masyarakat lain, terapis wanita juga mempersiapkan dirinya untuk masuk ke scenario panggung depan seperti perawatan tubuh, berdandan dan mewarnai rambut. Kesimpulan Presentasi diri terapis wanita di panggung depan di atur oleh seorang bos panti pijat sebagai sutradara agar presentasi diri dari para terapis wanita menarik perhatian pelanggan. Di panggung belakang mereka menampilkan sosok yang seutuhnya tanpa ada intervensi dari sutradara. Saran Penelitian untuk para terapis wanita agar dapat menyisihkan sebagian hasil penghasilan dari pekerjaannya untuk mengikuti kursus atau pelatihan agar supaya mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Presentasi Diri, Setting, Front Personal, Seutuhnya
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28575

Actions (login required)

View Item View Item