Perilaku Komunikasi Komunitas Hansamo Dengan Sesama Anggotanya (Studi Deskriptif Perilaku Komunikasi Komunitas Hansamo Dengan Sesama Anggotanya di Kota Bandung)

Utami, Paramudita (2014) Perilaku Komunikasi Komunitas Hansamo Dengan Sesama Anggotanya (Studi Deskriptif Perilaku Komunikasi Komunitas Hansamo Dengan Sesama Anggotanya di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perilaku Komunikasi Komunitas Hansamo Dengan Sesama Angotanya (Studi Deskriptif Perilaku Komunikasi Komunitas Hansamo Dengan Sesama Anggotanya Di Kota Bandung). Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari pesan komunikasi verbal dan pesan komunikasi nonverbal. Metode Penelitian ini adalah Metode kualitatif dengan studi deskriptif, proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisa dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku komunikasi komunitas hansamo dengan sesama anggotanya di lihat dari pesan komunikasi verbal berupa bahasa dan tulisan Korea. Sedangkan pesan komunikasi non verbal berupa bahasa tubuh berupa isyarat tangan berupa berjabat tangan dan gerakan kepala berupa menggukan dan menggeleng, serta sentuhan berupa pelukan, parabahasa berupa logat saturi, penampilan fisik berupa pakaian khas tradisional Korea (Hanbok), orientasi ruang dan jarak pribadi berupa yang sudah seperti keluarga kedua, dan artefak berupa buku-buku, kamus, alat musik tradisional Korea, dan lain-lain. Kesimpulan hasil penelitian, bahwa Komunitas Hansamo dalam pesan komunikasi verbal dan pesan komunikasi nonverbal yang digunakan. Perilaku komunikasi Komunitas Hansamo Dengan Sesama Anggotanya, komunitas tersebut sedikit meniru-niru apa yang dilakukan oleh artis-artis Korea yang mereka suka, baik itu dari cara berbicara dan berpakaian. Saran yang dapat peneliti berikan, Untuk penggunaan bahasa sebaiknya lebih dikembangkan lagi bahasa Koreanya agar semua anggota Komunitas Hansamo bisa memahami bahasa Korea. Dan tidak hanya kata-kata standar, tetapi dapat memahami. Karena akan bagus untuk kedepannya bagi Komunitas Hansamo, dan akan membuat perkembangan Komunitas lebih besar lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunitas Hansamo, Perilaku Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28576

Actions (login required)

View Item View Item