Makna Kekerasan Pada Film Jagal (The Act Of Killing) (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Dokumenter "Jagal (The Act of Killing)" tentang Pembunuhan Anti-PKI pada Tahun 1965-1966, Karya Joshua Oppenheimer)

Irfianto, Irfan (2014) Makna Kekerasan Pada Film Jagal (The Act Of Killing) (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Dokumenter "Jagal (The Act of Killing)" tentang Pembunuhan Anti-PKI pada Tahun 1965-1966, Karya Joshua Oppenheimer). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotik tentang kekerasan yang terdapat dalam film dokumentasi Jagal (The Act of Killing), menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film tersebut yang berkaitan dengan kekerasan, yaitu makna denotasi, makna konotasi, dan mitos/ideologi menurut Roland Barthes. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, studi dokumentasi, observasi, wawancara dan penelusuran data online. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film dokumentasi Jagal (The Act of Killing) dengan mengambil delapan sequence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga makna sesuai dengan semiotik Barthes. Makna denotasi yang terdapat pada sequence film Jagal (The Act of Killing) memperlihatkan adanya pembunuhan, ancaman, penyiksaan, serta perampasan kepada orang yang dituduh komunis, etnis cina dan intelektual. Makna konotasi Ini menunjukkan telah terjadinya kekerasan terstruktur bahkan nyata yang dilakukan rezim Orde Baru. Makna mitos/ideologi yang terdapat dari sequence, terjadi pembantaian besar-besaran pada Partai Komunis Indonesia (PKI) serta para organisasi sayapnya mendapat tindakan kekerasan oleh para preman dan Organisasi Pemuda Pancasila. Kesimpulan penelitian menggambarkan adanya pembunuhan, ancaman, penyiksaan, serta perampasan kepada orang yang dituduh komunis, etnis cina dan intelektual. Ini sangat ironi terjadinya kekerasan yang terstruktur oleh rezim Orde Baru selama tiga dasawarsa. Mereka seperti diberikan kebebasan secara hukum sehingga merampas hak kebebassan hidup berbangsa dan bernegara. Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan organisasi sayapnya dibuat kocar-kacir tidak diberikan tenang. Peneliti mengharapkan agar para sineas lebih banyak lagi menampilkan filmnya dengan penuh makna. Film Dokumenter Jagal (The Act of Killing) sarat pesan sosial dan dapat menjadi pengetauan tentang sejarah bagi masyarakat Indonesia yang masih terkena doktrin Orde Baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Makna Kekerasan, Semiotika, Roland Barthes
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28577

Actions (login required)

View Item View Item