Barongsai Sebagai Pertunjukkan Komunikasi Budaya Etnis Tionghoa (Studi Etnografi Komunikasi mengenai Barongsai sebagai Pertunjukkan Komunikasi Budaya Etnis Tionghoa pada Tim Liong Barongsai Dharma Ramsi)

Wijaya, Erwin (2014) Barongsai Sebagai Pertunjukkan Komunikasi Budaya Etnis Tionghoa (Studi Etnografi Komunikasi mengenai Barongsai sebagai Pertunjukkan Komunikasi Budaya Etnis Tionghoa pada Tim Liong Barongsai Dharma Ramsi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi yang terdapat dalam pertunjukkan barongsai yang merupakan budaya dari etnis Tionghoa. Untuk menjawab masalah penelitian di atas maka diangkat sub fokus situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindak komunikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi komunikasi. Informan penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, analisis dokumen dan studi pustaka. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah deskripsi, analisis dan interpretasi. Hasil penelitian in imenunjukan bahwa barongsai pada Tim Liong Dharma Ramsi memliki 2 (dua) situasi komunikatif, yakni latihan dan pertunjukan. Selanjutnya peristiwa komunikatif, yang terbagi menjadi 7 yaitu: Setiing, lokasi dan waktu di vihara pada saat imlek dan berbagai tempat yang waktunya tidak dapat ditentukan. Partisipan yaitu pemain, pelatih dan penonton. Tujuan yaitu untuk komunikasi budaya Tionghoa, hiburan, perbaikan ekonomi dan sosial para pemain. Tahapan pertunjukan yaitu pembukaan, isi dan penutup. Acuan dalam pertunjukan barongsai adalah musik. Lalu bentuk pesan adalah gerakan, penampilan dan musik. Aturan yang diikuti adalah kedisiplinan dan tanggung jawab. Mitos yang diyakini adalah barongsai sebagai pengusir roh jahat. Kemudian tindak komunikatif barongsai berupa gerakan singa dan penampilan didominasi oleh warna merah lambang kebahagiaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah barongsai sebagai pertunjukan komunikasi budaya etnis Tionghoa terkandung didalamnya situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindak komunikatif yang terdapat aspek-aspek komunikasi, yaitu komunikasi antar budaya dan komunikasi nonverbal. Saran yang dapat peneliti berikan kepada Tim Liong Barongsai Dharma Ramsi harus tetap berkarya dengan segala potensi dan fasilitas yang tersedia serta ikut berpartisipasi pada lomba tingkat nasional dan internasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindak Komunikatif, Barongsai
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28581

Actions (login required)

View Item View Item