Manfaat Forum Facebook Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste Bandung Dalam Pemenuhan Kebutuhan Sosial dan Psikologis Bagi Anggotanya di Kota Bandung

Rizkita Januarini, Shinta (2014) Manfaat Forum Facebook Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste Bandung Dalam Pemenuhan Kebutuhan Sosial dan Psikologis Bagi Anggotanya di Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manfaat Forum Facebook Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste Bandung Dalam Pemenuhan Kebutuhan Sosial dan Psikologis Bagi Anggotanya di Kota Bandung. Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka peneliti mengangkat beberapa indikator sebagai subfokus ini dari kebutuhan sosial dan psikologis, diantaranya adalah kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integratif personal, kebutuhan integratif sosial, dan kebutuhan pelarian (pelepasan ketegangan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi deskriptif yakni untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi. Informan dalam penelitian ini adalah Pendiri organisasi, Pengurus dokumen, serta Anggota organisasi Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste di Kota Bandung. Selain itu, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, studi literatur, dokumentasi dan penelusuran data online. Berdasarkan hasil penelitian, Forum Facebook Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste Bandung memiliki manfaat dalam pemenuhan kebutuhan sosial dan psikologis, diantaranya kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial dan pelepasan ketegangan. Forum Facebook Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste ini juga mampu menjadi sarana dalam penyebarluasan informasi yang dianggap efektif bagi anggotanya khususnya terkait dokumen-dokumen penting, serta mampu menjadi wadah dalam mempererat hubungan baik yang terjalin antara anggota satu dengan anggota lainnya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dimana informasi yang disebarluaskan di Forum Facebook Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste ini agar lebih beragam dan menarik, sehingga tidak terkesan monoton, selain itu informasi yang disebarluaskan seharusnya dilakukan secara rutin, sehingga informasi akan terus menerus diperbarui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manfaat, Forum Facebook, Pemenuhan Kebutuhan Sosial dan Psikologis, Mahasiswa Timor Leste
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28584

Actions (login required)

View Item View Item