Perilaku Komunikasi Fasilitator Terapi Dengan Klien Dalam Terapi Usik Wiwitan (Studi Fenomenologi mengenai Perilaku Komunikasi Fasilitator Terapi dengan Pasien dalam Terapi Usik Wiwitan)

Perdana Jusuf, Ega (2014) Perilaku Komunikasi Fasilitator Terapi Dengan Klien Dalam Terapi Usik Wiwitan (Studi Fenomenologi mengenai Perilaku Komunikasi Fasilitator Terapi dengan Pasien dalam Terapi Usik Wiwitan). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi fasilitator terapi kepada kliennya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menganalisis dengan menguraikan subfokus penelitian dengan komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, dan motif. Pendekatan kualitatif, dan studi fenomenologi, informan dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang sebagai fasilitator terapi Usik Wiwitan dan 5 (lima) orang informan pendukung yang dipilih menggunakan purposive sampling, data dikumpulkan menggunakan metode wawancara mendalam, Observasi, Studi Pustaka, dan penelusuran online. Adapun teknik analisa data dengan reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi verbal yang dilakukan oleh fasilitator adalah penggunaan bahasa sunda dan indonesia dan ucapan seperti assalamualaikum, selamat pagi dan selamat berkarya, komunikasi nonverbal gerakan pada sentuhan, ngajurus dan penggunaan pakaian yang sederhana dan nyaman, yang terakhir adanya motif alasan dan motif tujuan melaksanakan Terapi Usik Wiwitan dalam membentuk perilaku komunikasi tersebut. Simpulan dari penelitian ini, perilaku komunikasi fasilitator usik wiwitan dalam praktiknya menggunakan bahasa sunda dan bahasa indonesia sebagai pengatarnya, begitu pula dengan ucapan salam sapa tertentu yang menunjukan etika berbicara. Bahasa tubuh yang digunakan baik sentuhan atau tidak bertujuan untuk meningkatkan kualitas terapi dari setiap klien, penggunaan pakaian yang nyaman. Dan terakhir adanya motif masa lalu yang berasal dari rasa sayang terahadap manusia dan motif masa depan yang berharap keselarasan hidup manusia melalui terapi ini. Saran yang diberikan kepada fasilitator terapi ini agar tetap menjaga perilaku komunikasi yang sudah berlangsung dan terus melakukan peningkatan kualitas komunikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi, Fasilitator, Klien, Fenomenologi, Perilaku, komunikasi, Verbal, Nonverbal, motif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28589

Actions (login required)

View Item View Item