Pola Komunikasi Mahasiswa Timor Leste (Studi desriptif Tentang Pola Komunikasi Mahasiswa Timor Leste di Kota Bandung dalam Berinteraksi dengan Lingkungannya)

De F, Maria and Pereira, Tima (2014) Pola Komunikasi Mahasiswa Timor Leste (Studi desriptif Tentang Pola Komunikasi Mahasiswa Timor Leste di Kota Bandung dalam Berinteraksi dengan Lingkungannya). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Pola Komunikasi Mahasiswa Timor Leste dikota Bandung dalam Berinteraksi dengan Lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Proses komunikasi mahasiswa Timor Leste, hambatan komunikasi Mahasiswa Timor Leste dan Perilaku komunikasi mahasiswa Timor Leste dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, peneliti menggunakan teknik purposif sampling dan diperoleh informan berjumlah 5(Lima) orang dan 2 orang informan tambahan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, observasi, dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang dilakukan, melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses komunikasi akan berjalan dengan baik, maka mahasiswa Timor Leste harus memperhatikan beberapa hal penting seperti bahasa yang digunakan ketika berkomunikasi, tidak menggunakan kata-kata yang berbelit-belit, singkat,dan jelas, sehingga segala bentuk pesan yang akan disampaikan dapat berjalan dengan baik. Hambatan yang dialami oleh mahasiswa Timor Leste berupa bahasa,persepsi, budaya dan pengalaman, Perilaku Komunikasi verbal ialah bahasa Tetum, Portugues dan Bahasa Indonesia ,komunikasi non-verbalnya Ekpersi wajah (senyum,marah) sentuhan, (berjabat tangan) dan penampilan fisik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pola komunikasi akan berjalan dengan baik dan hambatan bisa diatasi di dalamnya jika isi pesan yang disampaikan itu dapat diterima dan mudah dicerna apa disampaikan dapat dimengerti baik secara verbal maupun non-verbal. Saran yang dapat peneliti berikan, Mahasiswa Timor Leste harus siap menerima perbedaan bahasa dan budaya,karena dengan begitu mereka dapat dengan mudah melakukan proses komunikasi dan mengurangi hambatan Komunikasi dan saling mengenal satu sama lain dan saling mengerti dan mendapat satu pengertian bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, proses komunikasi, hambatan komunikasi perilaku komunikasi, mahasiswa ,Timor Leste
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28591

Actions (login required)

View Item View Item