Aktivitas Komunikasi Pada Ritual Upacara Kematian Etnis Tionghoa (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Pada Ritual Upacara Kematian Etnis Tionghoa di Kota Sukabumi)

Fitriana (2014) Aktivitas Komunikasi Pada Ritual Upacara Kematian Etnis Tionghoa (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Pada Ritual Upacara Kematian Etnis Tionghoa di Kota Sukabumi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan secara mendalam tentang aktivitas komunikasi pada Ritual Upacara Kematian Etnis Tionghoa di Kota Sukabumi. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut peneliti bagi kedalam beberapa sub-sub masalah mikro, yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif dalam ritual upacara kematian Etnis Tionghoa di Kota sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tradisi etnografi komunikasi dengan teori subtantif yang diangkat yaitu interaksi simbolik. Subjek penelitiannya adalah etnis tionghoa yang ada di kota Sukabumi yang mengikuti ritual upacara kematian sebnayak 5 (lima) orang, terdiri dari 3 (tiga) informan dan 2 (informan kunci) yang diperoleh melalui tekhnik purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi kepustakaan, dokumentasi dan internet searching. Tekhink uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekukan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi, dan pengecekan anggota. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, situasi komunikatif yang terdapat dalam upacara kematian etnis tionghoa ini bersifat sakral, tempat pelaksanaanya di rumah duka. Peristiwa komunikatif dalam upacara kematian etnis tionghoa, yaitu upacara yang memiliki ritual-ritual didalamnya yang dilaksanakan setiap ada anggota keluarga yang meninggal dunia, dan berkaitan dengan kepercayaan dan mitos-mitos leluhur yang bertujuan untuk memberikan ketenangan kepada orang yang meninggal dunia. Tindakan komunikatif yang terdapat dalam upacara kematian etnis Tionghoa ini berbentuk perintah, pujian, dan bentuk nonverbal yang terdapat dalam gerakan, busana, serta barang yang digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas komunikasi ritual dalam upacara kematian etnis tionghoa ini merupakan ritual yang dilaksanakan dari leluhur, yang setiap tahapan ritualnya memiliki makna dan aktivitas khas yang sama. Saran untuk etnis tionghoa untuk selalu melakukan ritual kematian ini sebagai bentuk penghormatan dan kedamaian bagi yang meninggal dunia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindakan Komunikatif, Ritual, Etnis Tionghoa
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28593

Actions (login required)

View Item View Item