Presentasi Diri Seorang Pekerja Seks Komersial (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Seorang Pekerja Seks Komersial di Saritem Bandung)

Purnawan, Ryandy (2014) Presentasi Diri Seorang Pekerja Seks Komersial (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Seorang Pekerja Seks Komersial di Saritem Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Presentasi Diri Pekerja Seks Komersial (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Seorang Pekerja Seks Komersial Di Saritem Bandung). Sub fokus pada penelitian ini yaitu front stage, middle stage, dan juga back stage dari Pekerja Seks Komersial di Saritem. Ketiga sub fokus tersebut diharapkan dapat mengerucutkan arah penelitian agar mendapatkan hasil yang diharapkan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi dramaturgi, dan objek penelitiannya adalah PSK. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, informan penelitian berjumlah dua orang dari PSK di Saritem, dan dua orang informan kunci. Perolehan data penelitian ini berasal dari wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, penelusuran data online, dan juga studi pustaka. Teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulann, dan evaluasi. Serta uji keabsahan data dengan cara teknik triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan membercheck.Hasil penelitian menunjukan bahwa front stage (panggung depan) PSK yaitu menggunakan sebuah topeng dan diperankan di atas panggung pertunjukan dengan latar panggung pertunjukan mereka adalah Saritem. Middle Stage (panggung tengah) PSK yaitu dilakukannya segala persiapan seperti berpakaian, make up, accesoris, mempersiapkan mental dan tempat dimana PSK melakukan suatu diskusi khusus dengan sesama PSK ataupun sang germo agar mendapatkan penampilan yang sanga baikpada saat akan berada di panggung depan. Back Stage (panggung belakang) PSK yaitu menampillan sosok seutuhnya yang tidak seperti pada saat berada di panggung depan tetapi pada saat berada dalam kehidupan sehari-hari.Kesimpulan dari penelitian ini adalah setiap PSK melakukan pengelolaan kesan dan presentasi diri pada panggung depan, panggung tengah, dan panggung belakang. Nampak perbedaan disetiap panggungnya baik itu penampilan juga perilaku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Presentasi Diri, Panggung Depan, Panggung Tengah, Panggung Belakang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28596

Actions (login required)

View Item View Item