pola komunikasi orang tua anak jalanan (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Orang Tua Anak Jalanan Dengan Putra Putrinya Dalam beraktivitas Di Jalanan Kota Bandung)

Taruna Sutarno, Yoga (2014) pola komunikasi orang tua anak jalanan (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Orang Tua Anak Jalanan Dengan Putra Putrinya Dalam beraktivitas Di Jalanan Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pola Komunikasi Orang Tua Anak Jalanan di Kota Bandung. Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi dilihat dari proses , hambatan dan pola komunikasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik Snowball sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada proses komunikasi Orang Tua Anak Jalanan di Kota Bandung diperoleh kebisaan-kebiasaan yang dilakuakan tiap harinya seperti dalam kegiatan memanggil, menasehati, memarahi, berdiskusi/ngobrol dan pola asuh/mengawasi anaknya. Hambatan yang terjadi dalam penelitian ini berupa hambatan di antaranya hambatan semantik, hambatan mekanik dan hambatan komunikasi. Namun dengan seiring berjalannya proses komunikasi, Orang Tua Anak Jalanan Di Kota Bandung berhasil meminimalisi dengan cara bersikap dan berkomunikasi masing-masing individu dalam menerapkan komunikasi dengan anaknya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika dari Pola komunikasi terbentuk karena adanya proses komunikasi yang berlanjut dan secara berulang-ulang. Proses yang terjadi biasanya berupa komunikasi cenderung berbicara dengan nada keras, menggunakan kata-kata kasar, menasehati; dengan lembut, kasar, mengancam, memarahi(verbal: dengan kata dan nada keras. Nonverbal: gesture, mimik, pelototan, menunjuk), memanggil (verbal: teriakan, bersiul, mendatangi. Nonverbal: lambaian tangan). Saran dari peneliti adalah sebagai Orang Tua tentunya senantiasa memberikan kasih sayang kepada anak dan tidak terlalu mengeksplorasi tenaga dari anak itu sendiri. Dengan tidak melepaskan kewajiban mereka sendiri sebagai anak yang harus mengabdikan diri kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Orang Anak, Jalanan .Tua
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item View Item