Konstruksi Budaya Batak di Radio Mora 88,50 FM Bandung (Studi Konstruksi Sosial Media Massa Mengenai Budaya Batak Dalam Program Acara Eksepsi di Radio Mora 88,50 FM Bandung)

Chandra, Ade (2014) Konstruksi Budaya Batak di Radio Mora 88,50 FM Bandung (Studi Konstruksi Sosial Media Massa Mengenai Budaya Batak Dalam Program Acara Eksepsi di Radio Mora 88,50 FM Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konstruksi Budaya Batak Di Radio Mora 88,50 FM Bandung. Untuk menjawab konstruksi budaya batak yang terdiri dari beberapa sub fokus yaitu eksternalisasi, objektivasi, internalisasi dari konstruksi budaya batak diradio mora melalui program acara eksepsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi konstruksi sosial media massa. Informan pada penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang, terdiri dari: 2 (dua) orang untuk informan penelitian dan 3 (tiga) orang informan pendukung. Data sendiri diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi literatur, penelusuran internet, dan sumber pustaka lainnya. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Evaluasi. Kemudian uji keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada eksternalisasi Konstruksi budaya batak di radio Mora 88,50fm Bandung dimulai dari interaksi antara pesan acara dengan individu pendengar melalui program acara eksepsi objektivasi konstruksi budaya Batak di radio Mora 88,50 fm Bandung ketika program acara diputarkan maka terjadi proses penandaan dalam dunia intersebjektif pendengar secara tidak langsung. Sedangkan pada internalisasi Konstruksi budaya batak di radio Mora 88,50 fm Bandung, merupakan pemahaman mengenai subjektif dan objektif pendengar dan pencipta program acara. Dipemahaman individu ini terlihat perbedaan bagaimana pendengar tidak saja hidup dalam dunia yang sama namun juga ikut berpartisipasi dalam keberadaan pihak lain dalam hal ini ialah kebudayaan Batak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konstruksi budaya batak di radio Mora 88,50 fm Bandung. mengubah sudut pandang pendengar diranah sunda mengenai budaya Batak melalui program acara eksepsi. Acara eksepsi adalah proses memperoleh pengetahuan khusus pendengar mengenai kebudayaan Batak itu sendiri. Saran yang dapat peneliti berikan adalah membuat suatu inovasi baru seperti membuat kemasan program yang lebih menarik, penambahan dan pengulangan acara agar informasi yang diberikan dapat tersampaikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Budaya Batak Di Radio Mora 88,50 FM Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item View Item