Implementasi Augmented Reality Pengenalan Arca Menggunakan Metode Pattern Recognition di Museum Sri Baduga Berbasis Android

Widiansyah, Firman (2014) Implementasi Augmented Reality Pengenalan Arca Menggunakan Metode Pattern Recognition di Museum Sri Baduga Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Museum Sri Baduga merupakan salah satu objek wisata sejarah kebudayaan milik Balai Pengelolaan Museum Negeri. Sri Baduga berada di bawah Pemerintah Propinsi Jawa Barat, di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Wisata Museum Sri Baduga terletak di Jalan BKR, nomor 185, Bandung, Jawa Barat. Pada umumnya pengunjung yang berada di Museum Sri Baduga hanya dapat melihat dan mendapatkan informasi dari berbagai koleksi Arca yang disediakan oleh museum. Dimana kendala yang dihadapi oleh museum Sri Baduga yaitu kurangnya sumber daya manusia (SDM) sebagai pemandu (guide) dan keterbatasan informasi yang diberikan mengenai koleksi batuan yang ada di Museum Sri Baduga. Penerapan teknologi Augmented Reality dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan membangun sebuah aplikasi menggunakan teknologi augmented reality, diharapkan pengunjung mendapatkan informasi secara menarik dan interaktif yaitu dengan berinteraksi secara langsung dengan objek yang ada di museum, serta bisa di dampingi dengan tour guide Animasi agar pengunjung bisa mendapat informasi tidak hanya membaca. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa secar fungsional sistem mengeluarkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan pengujian kuisioner dapat di tarik kesimpulan bahwa dengan adanya aplikasi augmented reality pengenalan arca ini dapat memudahkan pengunjung mendapatkan informasi Arca. Serta, aplikasi augmented reality pengenalan arca ini bisa mengatasi sumber daya manusia (SDM) yang terbatas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Museum Sri Baduga, Arca, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28609

Actions (login required)

View Item View Item