Konversi Huruf Hanacaraka ke Huruf Latin Menggunakan Metode Modified Direction Feature (MDF) dan K-Neareast Neighbour (KNN)

Feriyanto, (2014) Konversi Huruf Hanacaraka ke Huruf Latin Menggunakan Metode Modified Direction Feature (MDF) dan K-Neareast Neighbour (KNN).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Aksara atau huruf hanacaraka biasanya digunakan untuk menuliskan bahasa Jawa kuno. Hasil dari wawancara dengan siswa smpn 1 Jatibarang dan masyarakat di Jatibarang, masyarakat sekarang lebih suka menggunakan huruf latin dalam menuliskan sesuatu kalimat daripada huruf hanacaraka yang seharusnya terus digunakan agar jumlah orang yang mengerti huruf hanacaraka semakin meningkat dan terbatasnya sarana atau media pembelajaran dan pendidikan bahasa Jawa, nilai dari mata pelajaran aksara jawa dibawah rata-rata dan tidak memuaskan, terutama aksara Jawa atau huruf hanacaraka ikut berperan terhadap berkurangnya minat generasi muda untuk memakai dan melestarikan budaya Jawa. Pentingnya bisa mengenali huruf hanacaraka agar huruf hanacaraka tidak dilupakan. Permasalahan yang telah diuraikan ditawarkan sebuah solusi dengan membangun sebuah Sistem konversi hururf hanacaraka ke huruf latin. Sistem konversi hururf hanacaraka ke huruf latin menggunakan sebuah metode yaitu modified direction feature (MDF) dan k-nearest neighbor (KNN). Sistem konversi hururf hanacaraka ke huruf latin menggunakan model pembangunan perangkat lunak yaitu model waterfall, sedangkan analisis sistem menggunakan pemodelan berorientasi objek dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Berdasarkan implementasi dan pengujian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Sistem konversi hururf hanacaraka ke huruf latin yang dibangun membantu dalam proses mengubah huruf hanacaraka ke huruf latin. Namun perlu adanya pengembangan dalam konversi huruf yaitu dari tampilan antarmuka dan cara menampilkan huruf latin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem, Augmented Reality, Hanacaraka, Jawa
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28613

Actions (login required)

View Item View Item