Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala di Museum Geologi Bandung

Aprillion Saputra, Yoga (2014) Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala di Museum Geologi Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Museum Geologi Bandung yang beralamat di Jl.Diponegoro No. 57 adalah salah satu tempat memperoleh berbagai informasi yang berhubungan dengan masalah kegeologian dan juga koleksi fosil tengkorak manusia pertama di dunia , fossil kerangka binatang pra-sejarah, dan batu bintang. Namun kurangnya media yang ada untuk memperoleh informasi sejarah suatu fosil, khususnya fosil purbakala dan juga keterbatasan fosil replika yang dimiliki pihak museum yang disebabkan dibutuhkan pengeluaran dana, waktu yang lama dalam pembuatan fosil replika, dan tidak adanya ruangan yang cukup untuk koleksi fosil yang lainnya. Dengan teknologi yang berkembang sekarang ini, yaitu teknologi mobile, khususnya android ,maka dibangun aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang bertujuan menampilkan informasi secara real time berupa bentuk 3D maupun video di layar ponsel yang dapat memberikan informasi tentang fosil bagi pengunjung .Sehingga pengunjung pun dapat mengetahui bentuk asli fosil tersebut. Identifikasi pengenalan gambar diambil melalui kamera ponsel yang dapat dikenali sebagai markerless. Markerless AR inilah yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari beberapa bentuk tulang fosil yang tidak utuh dan ditampilkan informasi secara real time di layar ponsel. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, implementasi teknologi augmented reality pada fosil purbakala berjalan dengan baik. Aplikasi arfossil ini membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi fosil dan Informasi fosil yang ditampilkan sangat menarik sehingga membantu pengunjung mengetahui bentuk asli dari fosil di Museum Geologi dan juga membantu pihak museum dalam keterbatasan ruangan untuk fosil replika. Dengan demikian aplikasi arfossil di Museum Geologi Bandung ini dapat menjadi alternatif lain baik untuk pihak musuem maupun pengunjung untuk memperoleh informasi fosil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fosil, Replika, Augmented Reality, Markerless, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item View Item