Implementasi Metode Generalized Vector Space Model Pada Aplikasi Information Retrieval Untuk Pencarian Informasi Pada Kumpulan Dokumen Teknik Elektro di UPT BPI LIPI

Robinson, Lamhot (2014) Implementasi Metode Generalized Vector Space Model Pada Aplikasi Information Retrieval Untuk Pencarian Informasi Pada Kumpulan Dokumen Teknik Elektro di UPT BPI LIPI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Banyaknya dokumen yang terdapat pada UPT BPI LIPI. Dokumen-dokumen yang terkumpul berasal dari mahasiswa teknik elektro yang telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Dokumen-dokumen tersebut tidak terstruktur namun yang dibutuhkan adalah dokumen-dokumen tertentu yang akan dikaji dan menjadi bahan ajar kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Maka apa yang telah diajarkan dapat dikembangkan bersama melalui Praktek Kerja Lapangan. Proses pencarian dokumen tertentu (relevan) membutuhkan waktu yang lama untuk membuka satu persatu dokumen oleh sebab itu munculah kesulitan untuk menemubalikan dokumen tertentu (relevan), untuk mengatasinya maka dibutuhkannya suatu sistem Information Retrieval (IR) yang diharapkan mampu mempermudah pencarian dokumen yang relevan. Information Retrieval (IR) merupakan suatu metode untuk menemukan kembali data tidak terstruktur yang tersimpan pada sekumpulan dokumen dan mampu menyediakan informasi yang sesuai dengan subyek yang dibutuhkan pengguna. Algebraic Model merupakan suatu pemodelan Information Retrieval (IR) yang merepresentasikan dokumen dan query menjadi vector. Generalized Vector Space Model (GVSM) merupakan salah satu contoh yang termasuk dalam Algebraic Model dan merupakan perluasan dari Vector Space Model (VSM). Proses yang terjadi pada GVSM terbagi menjadi dua yaitu proses preprocessing (reading text, tokenization, filtration,stemming dan indexing) dan proses yang kedua adalah menghitung relevansi antara kumpulan dokumen yang telah di-preprocess dengan query yang diinginkan pengguna. Setelah mengimplementasikan metode Generalized Vector Space Model (GVSM) pada aplikasi Information Retrieval maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi mampu mempermudah pencarian dokumen tertentu yang mengandung kata kunci (query) yang dimasukan pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Information Retrieval, GVSM, preprocessing, query, indexing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28623

Actions (login required)

View Item View Item