Sistem Distribusi Barang Pada Perusahaan Gypsum Griya Indah Menggunakan Metode Distribution Planning

Tarkiman (2014) Sistem Distribusi Barang Pada Perusahaan Gypsum Griya Indah Menggunakan Metode Distribution Planning. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan Gypsum Griya Indah merupakan distributor barang (bahan baku) untuk pembuatan profil gypsum yang berlokasi di kota Tegal profinsi Jawa Tengah. Dalam proses bisnisnya perusahaan ini memiliki masalah dalam menentukan jumlah barang yang akan dipesan ke supplier agar stok barang digudang tetap terjaga, untuk mengatasi ketidak pastian jumlah permintaan dari pelanggan terkadang perusahaan menyediakan stok lebih banyak, namun kadang hal ini menyebabkan barang menumpuk digudang terlalu lama sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan akan semakin besar dan juga biaya yang ditimbulkan pun akan semakin tinggi. Masalah lainnya adalah dikarenakan sering terjadi keterlambatan penerimaan barang mengakibatkan aktifitas distribusi menjadi terhambat. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka digunakan metode Distribution Requirement Planning (DRP), dimana didalamnya terdapat beberapa tahapan proses, yaitu menentukan Gross Requirement, menentukan Lead Time, menentukan Order Quantity, menentukan Safety Stock dan membuat penjadwalan kebutuhan distribusi. Model pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk pemodelan datanya menggunakan metode terstruktur. Setelah dilakukan pengujian terhadap sistem distribusi yang telah dibuat maka dihasilkan kesimpulan diantaranya dapat memudahkan pimpinan perusahaan dalam menentukan jumlah pemesanan barang secara tepat agar dapat memenuhi permintaan pelanggan, membantu menentukan jumlah persediaan barang yang harus tersedia digudang agar dapat mencegah penumpukan barang digudang, membantu dalam menjadwalkan proses pemesanan barang agar dapat memenuhi pesanan pelanggan dengan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Distribution Requirement Planning, DRP, Gross Requirement, Lead Time, Order Quantity, Safety Stock
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28626

Actions (login required)

View Item View Item