Pembangunan Game The Island Colonized Berbasis Android

Mustika, Gita (2014) Pembangunan Game The Island Colonized Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berdasarkan hasil survey yang terlihat pada sebagian besar respon pada game sejenis yang berjudul �� Epic Adventure Times Revolt in Ogre Town�� bahwa di dalam game tersebut masih terdapat kelemahan, diantaranya yaitu perilaku terhadap musuh yang masih bersifat pasif dalam bergerak maupun menyerang, tidak memiliki level, serta game hanya memiliki misi menghindari dan membunuh musuh saja. Pada game yang lain yang berjudul ��colonial wars�� yang menceritakan tentang penjajahan pulau terdapat beberapa kelemahan juga, yaitu kurangnya perlawanan musuh dan rintangan-rintangan dalam penyerangan, sehingga membuat pemain bosan memainkannya. Salah satu solusi untuk membuat game menjadi lebih menantang adalah mengembangkan perilaku dari karakter musuh berupa Algoritma A* (A Star) yang diterapkan untuk menentukan rute pencarian jalur terpendek terhadap karakter utama dan algoritma Fuzzy Logic yang diterapkan terhadap NPC untuk menghasilkan perilaku, sehingga NPC dapat menentukan keputusan ketika berhadapan dengan karakter utama, pada game ini juga akan ditambahkan level dan dibuat berbagai jenis misi yang membuat game lebih bervariasi. Game ini cocok untuk umur 10 tahun ke atas. Perancangan menggunakan metode waterfall, tools yang digunakan adalah Construct 2 sebagai game maker, sedangkan Pemodelan yang digunakan dalam pembangunan aplikasi permainan The Island Colonized menggunakan UML (Unified Modelling Language). Pada tahap pengujian aplikasi permainan The Island Colonized, dilakukan pengujian dengan metode black box dan white box untuk menguji fungsionalitas pada aplikasi permainan yang dibangun, serta pengujian dengan teknik kuesioner secara acak kepada para pengguna aplikasi permainan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan, bahwa aplikasi permainan The Island Colonized lebih menantang untuk dimainkan dengan bertambahnya tingkat kesulitan karena NPC dapat mengejar karakter utama, perilaku musuh yang lebih pintar ketika berhadapan dengan karakter utama juga membuat musuh dalm permainan The Island Colonized lebih sulit untuk dikalahkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, Action Adventure, AI, Algoritma A * (A star), Logika Fuzzy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28627

Actions (login required)

View Item View Item