Sistem Evaluasi Hasil Ujian dan Analisis Butir Soal Dengan Metode Analisis Kuantitatif Sebagai Pengembangan Fitur E-Learning Pelatihan Bahasa Inggris (E-PLC)

Riyanto, Ari (2014) Sistem Evaluasi Hasil Ujian dan Analisis Butir Soal Dengan Metode Analisis Kuantitatif Sebagai Pengembangan Fitur E-Learning Pelatihan Bahasa Inggris (E-PLC).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

English Prestasi Learning Center (E-PLC) merupakan salah satu lembaga kursus pelatihan bahasa Inggris yang terletak di jalan Purnawarman no 70 Bandung dalam proses kegiatan pembelajarannya, khususnya dalam penyampaian materi bahan ajar, dilakukan dengan berbagai cara seperti: dengan tatap muka, dengan belajar mandiri menggunakan bahan ajar cetak, melalui media audio visual, dan website berupa fasilitas E-Learning. Fasilitas E-Learning dimanfaatkan oleh para pengajar sebagai media penyampaian bahan ajar berupa soft file dan dipergunakan untuk ujian online. Dalam proses pembelajaran menurut buku Assesmen Pembelajaran tugas seorang pengajar selain sebagai pengajar dan penyampai materi bahan ajar adalah pengajar diharuskan melakukan evaluasi berdasarkan penilaian melalui proses ujian (tes). Ujian yang dijadikan sebagai alat evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan bersifat sejajar, jika komponen alat ukur dalam hal ini butir soal maka proses evaluasi pun bersifat optimal. oleh karena itu para pembuat soal di E-PLC harus berusaha untuk membuat soal yang berkualitas dalam arti soal yang baik, tetapi kendalanya adalah para pembuat soal di E-PLC kesulitan dalam menentukan soal yang berkualitas khususnya pada proses pembuatan soal, contohnya kesulitan dalam memperkirakan apakah soal yang telah dibuat dapat mengevaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Menurut buku Assesmen Pembelajaran dalam proses pembuatan soal terdapat berbagai cara untuk menentukan kualitas soal dan dapat mengetahui kualitas soal yang dijadikan sebagai kompnen alat ukur yaitu dengan menggunakan cara perhitungan kuantitatif analisis butir soal, cara tersebut dapat menghasilkan informasi tingkat kesukaran butir soal yang diujikan (TK), kemampuan soal dalam membedakan para peserta ujian yang telah memahami materi atau tidak (Daya Pembeda), dan berfungsi atau tidaknya jawaban yang dijadikan pengecoh soal pada ujian dengan bentuk soal pilihan ganda Distractor. Oleh karena itu untuk membantu memudahkan para pembuat soal di E-PLC dalam menentukan kualitas soal, pada penelitian tugas akhir ini telah telah dibangun suatu aplikasi berbasis online yang dijadikan sebagai pengembangan terhadap ujian online E-PLC, dijadikan pengembangan terhadap ujian online bertujuan untuk mempermudah menghimpun data jawaban peserta terhadap ujian yang dilakukan dan untuk mempermudah proses perhitungan analisis butir soal sehingga tidak perlu menginputkan data ujian secara manual. Setelah diimplementasikan sebagai sebuaah software berbasis online dengan mengacu kepada tujuan utama pembuatan software , setelah dilakukan pengujian menggunakan black box dan pengujian beta terkait sistem yang telah dibangun dan diimplementasika pada media pembelajaran E-Learning E-PLC dapat disimpulkan bahwa sisitem analisis butir soal yang dibangun dapat menginformasikan kualita soal yang dibuat dengan benar hal ini berdasarkan pengujian fungsional sistem (pengujian black box), sedangkan pengujian beta beserta terhadap sistem tersebut dapat memudahkan para pembuat soal dalam melakukan analisis terhadap butir soal yang telah dibuat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Analisis kuantitatif soal, evaluasi pembelajaran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28629

Actions (login required)

View Item View Item